Bupati Bantul Tak Batasi Jumlah Toko Modern Berjejaring

Pihaknya hanya memperhatikan jarak dan radius berdirinya toko modern yang nantinya akan dipusatkan di kawasan perbatasan

Bupati Bantul Tak Batasi Jumlah Toko Modern Berjejaring
Tribun Jogja/Agung Ismiyanto
Bupati Bantul, Suharsono 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Agung Ismiyanto

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Bupati Bantul, Suharsono, menyatakan tak akan membatasi jumlah toko modern berjejaring nasional yang akan berdiri di Kabupaten Bantul.

Pihaknya hanya memperhatikan jarak dan radius berdirinya toko modern yang nantinya akan dipusatkan di kawasan perbatasan Bantul.

“Tidak saya batasi (jumlah toko modern yang berdiri). Kami hanya akan mengatur batas wilayah mana saja yang akan dibangun toko modern,” ujar Suharsono kepada Tribun Jogja.

Dia menjelaskan, nantinya toko modern berjejaring nasional itu akan diatur pendiriannya di sekitar kawasan ring road selatan. Dia mengatakan, sejauh ini masih membahas Perda mengenai pendirian toko modern dan pasar.

Saat ini, Bantul memiliki Perda Kabupaten Bantul Nomor 17 tahun 2012 tentang Pengelolaan Pasar serta telah ditetapkannya peraturan Bupati Bantul No 35 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Izin Usaha Toko Modern (IUTM).

Nantinya, pendirian toko modern ini akan diatur dengan jarak tertentu, misalnya 500 hingga 1.000 meter dari kawasan ringroad. Namun, hal ini masih dalam taraf pembahasan bersama dengan DPRD Kabupaten setempat.

“Nanti jarak yang boleh berdiri toko modern itu 1 kilometer ke selatan ring road, kalau lebih dari itu saya larang keras. Nanti hanya kawasan perbatasan saja yang boleh, “ ujarnya.

Pihaknya juga berencana tidak akan menutup toko modern yang saat ini sudah beroperasi di Kabupaten Bantul. Dia juga menegaskan, jika ada pihak yang menyatakan sudah mengantongi izin dari Bupati adalah bohong.

“Saya tidak mengeluarkan izin untuk toko modern. Saat ini saja draft dari aturan ini masih dibahas dan belum ditetapkan kok sudah ada izinnya, itu bohong,” katanya. (Tribunjogja.com)

Penulis: ais
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved