Adit Sopo Jarwo 'Pecah Telur' Dunia Animasi Indonesia

Erix Soekamti berujar bahwa bisa dikatakan animasi Indonesia baru lahir sejak kehadiran Adit Sopo Jarwo.

Adit Sopo Jarwo 'Pecah Telur' Dunia Animasi Indonesia
Tribun Jogja/Riezky Andhika P
Pegiat animasi yang juga frontman band Endank Soekamti, Erix Soekamti

DUNIA animasi saat ini adalah sesuatu yang seksi. Kehadiran serial Adit Sopo Jarwo ialah angin segar bagi film animasi produksi lokal.

Setelahnya, banyak stasiun televisi yang mengincar untuk menayangkan serial animasi sejenis. Namun sineas dan animator lokal belum memilik banyak konten untuk diproduksi.

Padahal terbukti bahwa film animasi amat mudah diterima masyarakat.

Karena kekosongan konten tersebut, maka karya-karya asing pun dengan mudah masuk ke Indonesia, sebut saja; Doraemon, hingga Upin Ipin.

Pegiat animasi yang juga frontman band Endank Soekamti, Erix Soekamti berujar bahwa bisa dikatakan animasi Indonesia baru lahir sejak kehadiran Adit Sopo Jarwo.  

“Adit Sopo Jarwo ialah pecah telur dunia animasi Indonesia,” ujarnya.

Angin segar lainnya di dunia animasi pun segera menyusul, pada Desember mendatang bakal digelar Inamafest, sebuah festival animasi terbesar di Indonesia.

Pada festival tersebut Erix dipercaya sebagai wakil ketua penyelenggara.

Pada acara tersebut nantinya seluruh aset animasi Indonesia akan bertemu dan melebur jadi satu, baik dari kalangan arus utama, maupun mereka yang bergerak di jalur ‘indie’.

Saat ini menurut Erix, bekerja dibidang animasi memiliki peluang yang besar. Faktanya serial tersebut dikerjakan oleh banyak animator, dan SDM yang profesional masih amat kurang.

Halaman
12
Penulis: rap
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved