Sensasi Satu Jam Menjelajah Gua Tanding, Gua Wisata Baru di Gunungkidul

Satu di antara gua baru, yang secara resmi dibuka untuk pariwisata pada Agustus 2016 adalah Gua Tanding.

Sensasi Satu Jam Menjelajah Gua Tanding, Gua Wisata Baru di Gunungkidul
Tribun Jogja/ Kurniatul Hidayah
Gua Tanding Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Tak kurang dari 600 gua sudah berhasil teridentifikasi di daerah Gunungkidul, kawasan karst yang telah mendapatkan pengakuan dunia tersebut.

Namun dari jumlah tersebut, jumlah gua yang dikembangkan untuk menjadi objek pariwisata belum mencapai 100 gua.

Satu di antara gua baru, yang secara resmi dibuka untuk pariwisata pada Agustus 2016 adalah Gua Tanding.

Gua Tanding terletak tak jauh dari gua yang lebih dulu melejitkan wisata Gua di Gunungkidul, yakni Gua Pindul. Terletak di Dusun Gelaran II, Desa Bejiharjo, kecamatan Karangmojo, Gunungkidul, posisinya berada di sebelah selatan Gua Pindul.

Pengelola Gua Tanding, Supadi mengatakan Gua Tanding dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sadamwisata yang juga bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Gunungkidul.

Gua yang masih aktif dengan aliran sungai bawah tanahnya tersebut, memiliki kedalaman air bervariasi yakni 1-5 meter dan panjang gua 450 meter.

"Berhubung start dan finish di satu titik yang sama, maka aktivitas yang dilakukan di dalam sepanjang 900 meter. Butuh waktu sekitar 1 jam untuk menyusuri gua," jelasnya kepada wartawan, Selasa (4/10/2016).

Sebelum berpetualang di dalam gua, terlebih dahulu wisatawan diwajibkan menggunakan perlengkapan keselamatan yang meliputi jaket pengaman, helm, dan juga sepatu antiair.

Berbeda dengan Gua Pindul yang dalam penyusuran gua menggunakan ban, di Gua Tanding wisatawan menggunakan perahu karet dengan kapasitas 6 wisatawan dan 2 pemandu yang bertugas menyampaikan informasi, memfasilitasi penerangan, dan juga mendayung perahu karet.

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved