Biji Kopi Asal Indonesia Mulai Unjuk Gigi di Negerinya Sendiri

Banyak pula dari mereka yang awalnya hanyalah seorang pecinta kopi, mulai mengembangkan minatnya dengan menjadi pelaku bisnis.

Biji Kopi Asal Indonesia Mulai Unjuk Gigi di Negerinya Sendiri
tribunjogja/septiandri mandariana
Seorang barista sedang menyeduh kopi untuk pengunjung yang hadir dalam acara Thousand Cups From Jogja, Minggu (2/10/2016) kemarin di Sahid J-Walk Yogyakarta. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Septiandri Mandariana

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Beberapa tahun terakhir, mulai banyak dari masyarakat Indonesia gemar meminum kopi atau ngopi, dengan menggunakan biji-biji kopi berkualitas.

Selain itu, banyak pula dari mereka yang awalnya hanyalah seorang pecinta kopi, mulai mengembangkan minatnya dengan menjadi pelaku bisnis untuk industri kopi.

HAL itu hampir terjadi di seluruh wilayah di Indonesia. Begitupun di Yogyakarta, banyak dari masyarakatnya mulai beralih meminum kopi-kopi kemasan ke kopi-kopi yang masih fresh dengan kualitas tinggi.

Selain itu, sejak tahun 2010 hingga saat ini, banyak pecinta kopi dari kota budaya ini mulai merambah ke sektor industri kopi dan mendirikan coffe shop yang tersebar di seluruh daerah di Yogyakarta.

Salah satunya yang dilakukan oleh Muhammad Fadil, salah satu pemilik coffe shop di Yogyakarta, yang menamai kedainya dengan nama The Point Coffe.

Awalnya ia hanyalah seorang penikmat kopi dan terus memperbanyak pengetahuannya tentang kopi.

Di awal tahun 2016, iapun memberanikan diri membuka peluang di industri kopi bersama teman-temannya sesama pecinta kopi di Yogyakarta.

Fadil, begitu ia biasa disapa, bersama kedai kopinya menjual berbagai macam kopi. Namun ia lebih banyak menjual kopi dari biji kopi asal Indonesia.

Di antaranya seperti Gayo, Manglayang, Krinci, Dolok, Bali, Lati Mojong dan masih banyak lagi. Fadil beralasan, kualitas kopi yang dimiliki Indonesia memiliki kualitas yang bisa bersaing dengan kopi-kopi yang berasal dari luar Indonesia.

Halaman
12
Penulis: abm
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved