Pengurusan SIM Digelar Secara Online

Satuan Lalulintas (Sat Lantas) Polres Klaten membuka layanan baru bagi warga yang akan mengurus SIM dengan memanfaatkan perkembangan teknologi

Pengurusan SIM Digelar Secara Online
pekanbaru.tribunnews.com
Ilustrasi: Surat Izin Mengemudi (SIM) 

Laporan reporter Tribun Jogja, Angga Purnama

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Satuan Lalulintas (Sat Lantas) Polres Klaten membuka layanan baru bagi warga yang akan mengurus SIM dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi (TI) atau secara online.

Salah satu alasan layanan tersebut adalah untuk mempercepat layanan pengurusan SIM; baru maupun perpanjangan.

Kasat Lantas Polres Klaten, AKP Kemas Indra Natanegara mengatakan pengurusan SIM secara online dilakukan dengan membuka layanan pengisian formulir SIM melalui situs resmi simonline-polresklaten.net.

Dengan pengisian secara online, pemohon SIM dapat menghemat waktu untuk mengantre lantaran pengisian dapat dilakukan secara mandiri di manapun selama terdapat jaringan internet.

“Begitu datang di layanan SIM Polres Klaten, pemohon cukup melengkapi persyaratan adminitrasi dan mengikuti tahap selanjutnya. Untuk pengurusan baru dilanjutkan dengan tes tertulis dan praktik, sedangkan perpanjangan dilanjutkan dengan perekaman data pemohon untuk cetak SIM,” katanya saat ditemui usai peluncuran program baru itu di Mapolres Klaten, Jumat (16/9/2016).

Guna mengoptimalkan program tersebut, setiap pemohon yang mengakses secara online akan menjadi prioritas.

Antrean pemohon SIM secara online ditentukan dari waktu mengaksesnya.

“Memang ada prioritas, karena tujuannya memang untuk memangkas waktu pengurusan SIM. Misalnya untuk perpanjangan, ketika pemohon sudah menyelesaikan pengisian secara online, proses adminitrasi hingga perekaman data untuk cetak hanya 10 menit. Dibandingkan dilakukan secara manual, tentu akan lebih cepat,” ungkapnya.

Ditanya tentang efektifitas program tersebut, Kemas menggaransinya.

Pasalnya kehadiran program pengisian formulir SIM secara online itu untuk memudahkan masyarakat dan mempersingkat antrean.

Poin tersebut, kata dia, merupakan keunggulan program ini lantaran warga tidak perlu lagi mengantre untuk mendapatkan formulir dan menghabiskan waktu untuk mengisinya secara manual.

“Ketika sudah mengisi formulir; yang dapat dilakukan warga sebelumnya, warga bisa langsung mengurus adminitrasi. Sehingga tidak berkali-kali antre,” paparnya menjelaskan. (tribunjogja.com)

Penulis: ang
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved