Kabar Gembira! Pelajar Bisa Urus SIM Tanpa Perlu e-KTP

Bagi warga yang akan mengurus pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) baru, saat ini tidak lagi dibutuhkan e-KTP.

Kabar Gembira! Pelajar Bisa Urus SIM Tanpa Perlu e-KTP
pekanbaru.tribunnews.com
Ilustrasi: Surat Izin Mengemudi (SIM) 

Laporan reporter Tribun Jogja, Angga Purnama

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Bagi warga yang akan mengurus pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) baru, saat ini tidak lagi dibutuhkan e-KTP.

Kebijakan tersebut diberlakukan Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Klaten khususnya bagi pemohon SIM baru di kalangan pelajar.

Hal tersebut menyusul panjangnya antrean pencetakan e-KTP yang saat ini terjadi di wilayah Kabupaten Klaten.

Kondisi tersebut dinilai cukup menyulitkan bagi pemohon SIM terutama kalangan pelajar yang baru saja merekamkan data kependudukan namun belum mengantongi cetak e-KTP.

Kepala Unit (Kanit) Registrasi dan Identifikasi (Reg Ident) Satlantas Polres Klaten, Iptu Juwardi mengatakan dalam pengurusan pembuatan SIM baru, pemohonnya diminta untuk membawa identitas kependudukan berupa e-KTP.

Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui usia dan alamat pemohon.

“Batas usia minimum pemohon SIM adalah 17 tahun dan dibuktikan dengan menunjukkan e-KTP.

Selain itu, pembuatan SIM hanya dilayani bagi warga yang berada di wilayah Polres setempat, hal itu juga dibuktikan dengan menunjukkan e KTP,” paparnya kepada Tribun Jogja, Rabu (14/9/2016).

Namun dengan melihat kondisi daftar tunggu cetak e-KTP di Kabupaten Klaten saat ini, Satlantas memberikan kelonggaran bagi pemohon tidak harus menunjukkan e-KTP saat mengurus pembuatan SIM.

Juwardi mengatakan pemohon cukup menunjukkan surat keterangan dari pemerintah setempat yang sah dengan lampiri fotokopi Kartu Keluarga.

“Surat keterangan yang dibawa bisa yang dibuat oleh kecamatan atau Dispendukcapil yang menerangkan yang bersangkutan sudah memenuhi batas usia minimum untuk mendapatkan SIM. Lampiran fotokopi KK digunakan sebagai bukti dan pengganti e KTP,” katanya.

Setelah itu, pemohon dapat mengajukan berkas tersebut ke layanan pengurusan SIM Polres Klaten untuk diproses.

Dengan diterimanya berkas tersebut, maka pemohon dianggap telah berhak untuk mengurus SIM.

“Tidak masalah pemohon sudah memiliki e KTP atau tidak, yang penting dapat menunjukkan bahwa yang bersangkutan telah memenuhi syarat untuk mendapatkan SIM. Nanti petugas bisa melihat usia pemohon dari NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang tercantum dalam fotokopi KK,” kata dia menjelaskan. (tribunjogja.com)

Penulis: ang
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved