Inovatif, Mahasiswa UNY Ciptakan Obat Nyamuk Portabel Berenergi Matahari

Obat nyamuk elektrik menjadi salah satu pilihan yang kerap dipilih masyarakat untuk mengusir keberadaan nyamuk

Inovatif, Mahasiswa UNY Ciptakan Obat Nyamuk Portabel Berenergi Matahari
dok.pri
Mahasiswa UNY berinovasi dengan menciptakan obat nyamuk portabel menggunakan energi matahari yang disebut Onyap atau Obat Nyamuk Portabel. 

TRIBUNJOGJA.COM - Keberadaan nyamuk di sekitar, terlebih lagi kemungkinannya untuk menggigit pastinya sangat mengganggu kita.

Di Indonesia, ada berbagai macam inovasi untuk membasminya. Dan obat nyamuk elektrik menjadi salah satu pilihan yang kerap dipilih masyarakat untuk mengusir keberadaan nyamuk agar tak lagi mendekat.

Kepraktisan alat pengusir nyamuk dengan pemanfaatan energi listrik yang disebut dengan obat nyamuk elektrik tersebut kerap digemari masyarakat karena hanya diperlukan listrik dan mengganti bagian isinya saja untuk kemudian tak membuat nyamuk mendekat.

Namun kini, sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ternyata membuat obat nyamuk elektrik lebih praktis lagi. Jika yang berada dipasaran saat ini, masih diperlukan listrik langsung dari PLN atau baterai yang harus selalu diperbarui.

Obat nyamuk elektrik buatan mahasiswa UNY ini membuat obat nyamuk elektrik yang menggunakan energi matahari. Dengan begitu, obat nyamuk tersebut dapat dibawa kemanapun tanpa harus menggunakan energi listrik dari PLN.

Mereka adalah mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNY yang terdiri dari Rismoyo, Atika Widyastutie, Wahyu Putra, Amir Mu’amar, dan Singgih Bekti W yang membuat terobosan dengan membuat obat nyamuk portabel menggunakan energi matahari yang disebut Onyap atay Obat Nyamuk Portabel.

"Ide awalnya sebenarnya karena saya pecinta alam kemudiaan ketika di daerah seperti gunung atau pantai kemping pasti akan menemukan banyak nyamuk. Dan akhirnya mulai terpikir untuk membuat dan tercipta ide obat nyamuk portable tersebut," terang Rismoyo, kepada Tribun Jogja, Minggu (11/9/2016).

Menurut Rismoyo obat nyamuk portabel tersebut menggunakan mini solar cell yang terhubung langsung dengan baterai lithium-ion dan kemudian disalurkan ke pemanas.

Mini solar cell tersebut terangnya, digunakan untuk menyerap sinar matahari kemudian diubah dalam bentuk energi listrik. Sementara itu, baterai lithium-ion berfungsi untuk menyimpan energi listrik yang dihasilkan oleh mini solar cell. Kemudian, pemanas berfungsi sebagai pemanas obat nyamuk, sehingga dapat berfungsi.

Ada beberapa bahan yang digunakan dalam pembuatan Onyap. Wahyu mengungkapkan bahwa bahan yang diperlukan diantaranya mini solar cell, baterai lithium-ion, pemanas, saklar, dan lampu LED. Onyap tersebut pun dirancang dalam bentuk box untuk menampung dan mewadahi seluruh komponen utama berupa mini solar cell, baterai lithium-ion dan pemanas.

Halaman
12
Penulis: una
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved