Keluarga Sumartiningsih Berharap Ada Layanan Kesehatan yang Baik

Pihaknya menyebut jika adanya penanganan buruk ini karena sejak awal masuk Puskesmas Pundong, dirinya tidak diperiksa secara intensif.

Keluarga Sumartiningsih Berharap Ada Layanan Kesehatan yang Baik
www.konfrontasi.com
Ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Agung Ismiyanto

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Sumartiningsih terus menangis saat menceritakan kematian putri keduanya di hadapan kalangan legislatif di rumahnya, Selasa (6/9/2016).

Sembari menyeka air matanya, warga Dusun Menang, Desa Srihardono, Kecamatan Pundong ini berharap agar pelayanan kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) atau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) berplat merah di Bantul terus diperbaiki.

“Kami berharap ke depan ada perbaikan layanan kesehatan antara RSUD dan Puskesmas Pundong. Harus memperhatikan keluhan pasien untuk menekan angka kematian bayi dan ibu,” ujarnya, saat ditemui di rumahnya, Selasa (6/9/2016).

Dia mengatakan, layanan kesehatan pun harus tanggap pada pasien dan menindak lanjutinya, sehingga tidak menimbulkan resiko yang cukup parah. Dalam kasus kematian bayinya ini, Sumartiningsih masih menduga ada layanan kesehatan yang tidak maksimal.

Dalam hal ini, layanan kesehatan yang seharusnya mengedepankan keluhan pasien justru malah sibuk dengan kepentingannya.

Dalam kasus ini, pihaknya menyebut jika adanya penanganan buruk ini karena sejak awal masuk Puskesmas Pundong, dirinya tidak diperiksa secara intensif.

“Pihak Puskesmas justru sibuk mengerjakan akreditasi, padahal saat itu saya sudah pecah ketuban. Apalagi saat rujukan pun itu yang meminta justru keluarga dan tetangga saya,” katanya.

Sementara, saat berada di RSUD Panembahan Senopati, dirinya pun juga tidak mendapatkan perawatan maksimal. Pasalnya, selain diduga ditangani dokter koas, saat itu juga alat vakum untuk menyedot bayi pun mengalami kerusakan.

Sejauh ini, pihaknya belum melangkah ke hukum untuk penanganan persoalan ini. Namun, dia berharap perbaikan layanan kesehatan itu bisa dirasakan manfaatnya untuk orang lain yang mengalami hal serupa.

Halaman
123
Penulis: Agung Ismiyanto
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved