Breaking News:

Realtime News: Roti Kembang Waru, Khas Kotagede yang Diminati Turis Mancanegara

Jika digali lebih dalam, masih banyak sajian kuliner khas dari wilayah Jogja, salah satunya ada Roti Kembang Waru.

Penulis: abm | Editor: oda
tribunjogja/septiandri mandariana
Adonan Kembang Waru yang hendak dimasak, dalam acara 2016 Kembang Waru Bersemi di Kota Gede, Minggu (28/8/2016) siang di Pendapa Ndalem Kajengan. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Septiandri Mandariana

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sebut saja gudeg, makanan ini disebut-sebut sebagai salah satu makanan khas kota budaya Yogyakarta.

Jika digali lebih dalam, masih banyak sajian kuliner khas dari wilayah yang dipimpin oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X ini, salah satunya ada Roti Kembang Waru.

Roti ini merupakan salah satu sajian kuliner khas yang dibuat dan dilestarikan hingga saat ini oleh masyarakat Kotagede, Yogyakarta.

Basis Hargito, pengrajin Roti Kembang Waru sejak tahun 1983 mengatakan, bahwa roti ini sudah ada sejak zaman Penembahan Senopati.

"Dulu biasanya untuk sajian jamuan kerabat keraton, sajian pesta dan masih banyak lagi. Hingga saat ini saya masih membuatnya dengan cara tradisional dan alat-alat tradisional," ujar pria berusia 71 tahun, yang biasa disapa Basiran, Minggu (28/8/2016) siang dalam acara 2016 Kembang Waru Bersemi di Kotagede, di Pendapa Ndalem Kajengan, Kotagede, yang diselenggarakan oleh Paguyuban Dimas Diajeng DIY.

Kata Basiran, walau sudah banyak sekali inovasi roti-roti dari Indonesia dan luar negeri, pamor roti ini tidak pernah turun sejak dulu.

Buktinya hingga saat banyak sekali turis dari luar negeri, di antaranya dari Inggris, Australia, Belanda, Spanyol dan lainnya berdatangan ke tempatnya untuk sekedar mengetahui dan mencicipi.

"Dulu bentuk roti ini terinspirasi dari daun waru yang pada zaman dulu banyak tumbuh di sekitaran Kotagede. Namun saat ini pohonnya sudah tidak ada, makanya kalau saya ditanya bentuk daunnya seperti apa, saya bingung tidak bisa menunjukan karena sudah tidak ada," paparnya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved