Dalang Jadi Bupati, Dari Latihan Gamelan Hingga Museum Wayang ada di Rumah Dinas

Satu setengah tahun menjadi orang nomor satu di kabupaten yang terkenal dengan warung makannya tersebut gaya senimannya yang santai tetap terlihat.

Dalang Jadi Bupati, Dari Latihan Gamelan Hingga Museum Wayang ada di Rumah Dinas
tribunjogja/khaerur reza
Bupati Enthus sedang bermain kendang. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Khaerur Reza

TRIBUNJOGJA.COM, TEGAL - Enthus Susmono saat ini adalah bupati Tegal Jawa Tengah, namun jauh sebelumnya Enthus sudah terkenal sebagai seorang dalang kenamaan namanya bahkan sudah sampai ke dunia internasional.

Mendapat gelar dalang edan karena dalam mendalang tidak segan-segan menggumamkan kata kasar dan kotor namun karyanya sudah dipentaskan di berbagai negara mulai Hongkong hingga Belanda.

Selain itu, wayang karyanya juga tersimpan di beberapa museum seperti Torpen Museum Amsterdam Belanda.

Satu setengah tahun menjadi orang nomor satu di kabupaten yang terkenal dengan warung makannya tersebut gaya senimannya yang santai tetap terlihat jelas.

Saat menemui rombongan Travel Heritage Disbud DIY di rumah dinasnya yang ada di rumah dinasnya yang ada di Slawi Kulon, Slawi, Tegal Minggu (14/8/2016) malam, Enthus tampak santai dengan mengenakan kaos oblong hitam serta celana gombrong warna hitam.

Rumah dinasnya sendiri cukup unik, pendopo bagian depan disulapnya menjadi ajang latihan mendalang lengkap dengan segala gamelan dan perlatannya dimana saat itu latihan sedang berlangsung.

Iring-iringan suara gamelan dipukul dan sindennya menemani perbincangan yang berlangsung santai tersebut.

Sementara di bagian rumah yang lain musium wayang yang dinamakan Rumah Wayang 2 didirikan oleh Enthus, museum ini didirikan setelah Enthus menjadi bupati dimana dia sebelumnya sudah lebih dahulu mendirikan rumah wayang di kawasan rumahnya yang berada di Bengle Tegal.

Museum tersebut terbuka untuk umum dan gratis dinikmati masyarakat.

Halaman
12
Penulis: khr
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved