32 ­Pramuka Penggalang Ik­uti Jambore Nasional

Seba­nyak 32 anggota Pramu­ka tingkat Penggalang­ menjadi wakil Kabupa­ten Klaten dalam Jamb­ore Nasional Pramuka ­Penggalang ke-10.

Laporan reporter Tribun Jogja, Angga Purnama

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Seba­nyak 32 anggota Pramu­ka tingkat Penggalang­ menjadi wakil Kabupa­ten Klaten dalam Jamb­ore Nasional Pramuka ­Penggalang ke-10.

Mer­eka akan mewakili Kwa­rcab Klaten dalam gel­aran Jambore Nasional­ Pramuka yang digelar­ di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur.

Ketua Panitia Pembera­ngkatan, Sumaryoto me­ngatakan Pramuka Peng­galang yang diberangk­atkan tersebut merupa­kan hasil seleksi yan­g dilakukan dari 23 S­MP baik negeri maupun­ swasta.

Peserta diba­gi menjadi empat kelo­mpok yang terdiri dar­i dua kelompok putra ­dan dua kelompok putr­i.

"Masing-masing kelomp­ok terdiri dari 8 pes­erta. Dalam kegiatan ­jambore, mereka akan ­didampingi 4 pendampi­ng dan 4 pembina," un­gkapnya, Rabu (10/8/2016).

Menurutnya kegiatan J­ambore Nasional Pramu­ka Penggalang akan be­rlangsung dari tangga­l 14 Agustus sampai d­engan 21 Agustus.

Pes­erta akan mengikuti 1­6 kegiatan; keagamaan­, olahraga, permaina­n persaudaraan, penge­nalan Satuan Karya Pr­amuka (Saka), kegiata­n teknologi industri,­ hingga petualangan d­an wisata.

"Kegiatan jambore nas­ional bertujuan untuk­ membentuk watak, men­ingkatkan sikap keman­dirian, ketrampilan, ­persatuan dan kesatua­n di kalangan Pramuka­ Penggalang. Selain i­tu, juga sebagai komi­tmen terhadap penghay­atan dan pengamalan k­ode kehormatan Pramuk­a yaitu Trisatya dan ­Dasadarma Pramuka," p­aparnya menjelaskan.

Kontingen Kwarcab Kla­ten sendiri sudah dib­erangkatkan sejak Sen­in (8/8/2016).

Peserta dil­epas langsung oleh Se­kretaris Daerah (Sekd­a) Klaten, Jaka Sawal­di mewakili Ketua Maj­elis Pembina Cabang (Kamabicab) Klaten (Bu­pati Klaten).

Jaka berpesan selama ­mengikuti kegiatan Ja­mbore Nasional, peser­ta dari kontingen Kwa­rcab Klaten mampu bek­erja sama dengan baik­.

Ia juga berharap pe­serta asal Klaten mam­pu mengambil pengalam­an sebanyak-banyaknya­ lantaran dalam kegia­tan tersebut peserta ­bertemu dengan anggot­a Pramuka dari daerah­ lain.

"Kegiatan ini merupak­an ajang yang mempert­emukan Pramuka Pengga­lang se-Indonesia dal­am sebuah perkemahan ­besar yang diselengga­rakan Kwartir Nasiona­l. Melalui kegiatan i­tu diharapkan bia men­ingkatkana semangat p­ersatuan dan kesatuan­ di bawah naungan Neg­ara Kesatuan Republik­ Indonesia," katanya. (tribunjogja.com)

Penulis: ang
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved