Warga Minta Pemkab Bantul Perhatikan Limbah dan Sampah

Persoalan limbah dan sampah masih tetap menjadi salah satu Pekerjaan Rumah (PR) yang harus dituntaskan.

Warga Minta Pemkab Bantul Perhatikan Limbah dan Sampah
Tribun Jogja/ Agung Ismiyanto
Sampah terlihat menumpuk di pinggir jalan Jejeran-Tembi, dekat stadion Sultan Agung, Pacar, Timbulharjo, Sewon, Selasa (21/6/2016). Di Bantul terdapat banyak titik tempat pembuangan sampah (TPS) liar semacam ini. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Agung Ismiyanto

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Kabupaten Bantul akhirnya mendapat sertifikat Adipura tahun 2016 untuk kategori Kota Kecil. Bantul menjadi satu-satunya daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta yang mendapatkan penghargaan ini.

Meski demikian, persoalan limbah dan sampah masih tetap menjadi salah satu Pekerjaan Rumah (PR) yang harus dituntaskan.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH), Edi Susanto menjelaskan, penghargaan ini diterima oleh kabupaten berjuluk Projo Tamansari ini setelah 13 tahun tidak menerima penghargaan serupa.

Edi menjelaskan, penghargaan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini diterima tanggal 22 Juli di Siak, Riau.

“Kami bisa bersaing dengan 36 Kota lain di seluruh Indonesia. Ini juga mendorong kami untuk meningkatkan kinerja dalam pengelolaan lingkunga hidup wilayah Kabupaten Bantul,” jelasnya, Senin (25/7/2016).

Dia menjelaskan, program Adipura ini bertujuan untuk mendorong kepemimpinan pemerintah kabupaten/kota dan membangun partisipasi aktif masyarakat serta dunia usaha untuk mewujudkan kota-kota yang berkelanjutan.

Hal ini baik secara ekologis, sosial, dan ekonomi melalui penerapan prinsip-prinsip tata kepemerintahan yang baik, di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup demi terciptanya lingkungan yang baik dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Adapun, Edi menjelaskan, penilaian yang dilakukan berkaitan dengan Adipura adalah non fisik dan fisik.

Penilaian fisik meliputi penilaian lingkungan hidup pada pemukiman, perumahan, Ruang Terbuka Hijau (RTH), jalan, pasar, TPS 3 R, pengelolaan sampah, sekolah adiiwiyata, hutan kota, terminal, bank sampah, sarana dan prasarana pengelolaan sampah, TPA Piyungan, komitmen Pemerintah Daerah, rumah sakit, pengelolaan perairan terbuka, dan lain-lain.

Halaman
12
Penulis: ais
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved