Jamkesus Terpadu Siap Digelar di Wates

Adapun pelaksanannya pada 1-2 Agustus 2016 di RSUD Wates

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ikrar Gilang Rabbani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Balai Penyelenggara Jaminan Kesehatan Sosial (Bapel Jamkesos) DIY siap kembali menggelar Jamkesus Terpadu bagi para difabel di wilayah Kulonprogo.

Adapun pelaksanannya pada 1-2 Agustus 2016 di RSUD Wates.

Pelayanan Jamkesus Terpadu merupakan program jemput bola Bapel Jamkesos bekerjasama dengan Dinas Sosial untuk menyasar kaum difabel di tengah masyarakat berupa pelayanan selama satu hari.

Pelayanan berupa kesehatan dengan dokter spesialis, pemberian rujukan untuk pengobatan lebih lanjut, hingga pengajuan alat bantu semisal kursi roda.

Kepala Seksi Pemeliharaan Kesehatan Bapel Jamkesos DIY Agus Priyanto mengatakan, masih banyak keluarga difabel yang enggan mendaftarkan apalagi datang dalam pelayanan Jamkesus Terpadu.

Menurutnya, pihak keluarga penyandang difabel masih malu bila anggota keluarganya merupakan difabel.

"Kadang kita sudah jemput dengan bantuan ambulans dengan membawa tenaga medis ke rumahnya, namun keluarga difabel menolak untuk dibawa, tentu dengan berbagai alasan," ujar Agus kepada Tribun Jogja pada Senin (25/7/2016).

Agus menjelaskan ketidak-mauan pihak keluarga untuk mengantar ada banyak faktor, bisa malu atau tidak mau repot mengurus.

Padahal instansinya telah menggandeng tokoh masyarakat lokal atau komunitas disabilitas untuk menjaring para difabel agar bisa mengikuti jamkesus terpadu semisal karang taruna dan petugas kesehatan di daerah.

Saat ini, imbuh Agus, yang menjadi PR bersama adalah menanamkan kesadaran bahwa masyarakat atau kaum difabel membutuhkan pelayanan kesehatan.

Ia berharap masyarakat untuk semakin terbuka dalam hal tersebut.

"Banyak faktor dan rata-rata karena unsur psikologis. Ini karena masyarakat banyak yang belum terbuka bahwa mereka membutuhkan pelayanan medis," tutur Agus. (tribunjogja.com)

Penulis: gil
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved