Lipsus Pungutan ke Pencari Kerja

Ini Tanggapan Disnakertrans DIY Soal PT R yang Tak Memberikan Gaji Pokok

Disnakertrans DIY menjelaskan, pihaknya tak membenarkan bila ada perusahaan, yang tidak memberikan gaji pokok bagi tenaga kerja.

Ini Tanggapan Disnakertrans DIY Soal PT R yang Tak Memberikan Gaji Pokok
Ist
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Kabar mengenai perusahaan berinisial PT R yang justru memungut uang dari pencari kerja untuk seleksi masuk sudah berhembus sejak beberapa bulan lalu.

Bahkan, beberapa pencari kerja memperingatkan yang lainnya, untuk berhati-hati dengan perusahaan tersebut.

Setelah ditelusuri, memang benar soal desas-desus yang beredar itu. Selain meminta uang untuk psikotes dan tahapan lain, PT R juga tak memberikan gaji pokok bagi karyawan dengan berdalih sebagai perusahaan swasta yang harus serba mandiri.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DIY menjelaskan, pihaknya tak membenarkan bila ada perusahaan, yang tidak memberikan gaji pokok bagi tenaga kerja.

Pasalnya dalam Undang-Undang (UU) Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, sudah diatur mengenai kejelasan gaji dan minimal jam kerja. Padahal di PT R, seorang karyawan bisa saja tak menerima gaji bila yang bersangkutan tidak rajin bekerja.

Oleh karena itu, Andung mengaku harus mendalami permasalahan yang ada di PT R.

"Nanti kita kirimkan dulu staf karena ini kasuistis. Kalau dia (perusahaan) tidak melaksanakan aturan undang-undang ya nanti kita bina," kata Andung pada Tribunjogja.com, Senin (25/7/2016).

Bila memang ada keanehan, maka Andung menyarankan agar tenaga kerja mengirim surat ke pihaknya, mengenai permasalahan yang dihadapi. Ia menjamin akan menjaga kerahasiaan identitas si pengirim surat.

Setelah dilihat bagaimana permasalahannya, barulah pihaknya dapat membina perusahaan terkait.

Andung mengakui, pihaknya sedikit kesulitan mengawasi 3.886 perusahaan yang ada di DIY secara detail.

Halaman
12
Penulis: say
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved