Breaking News:

Ini Dia Tanda-tanda Ketidaksuburan Pria dan Wanita

Salah satu tanda ia tidak subur adalah haidnya tidak teratur atau bahkan tidak mendapat haid. Ini berarti, tubuh tidak memproduksi sel telur.

Editor: oda
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Diperkirakan 1 dari 8 pasangan harus menghadapi ketidaksuburan atau infertilitas. Salah satu tanda pasangan tidak subur adalah tidak bisa hamil walau melakukan hubungan seks tanpa kontrasepsi selama 6 - 12 bulan.

Berikut adalah tanda-tanda ketidaksuburan lainnya.

1. Haid tidak teratur atau tidak haid

Pada wanita, salah satu tanda ia tidak subur adalah haidnya tidak teratur atau bahkan tidak mendapat haid. Ini berarti, tubuh tidak memproduksi sel telur.

Untuk menjaga agar haid teratur, diperlukan kerjasama antara kelenjar pituitari dan hipotalamus di otak, dan ovarium. Bila kerjasama itu tidak terjadi, kemungkinan ada gangguan hormonal.

2. Nyeri haid yang berat

Antara 5-10 persen wanita yang tidak subur mengalami perdarahan haid yang banyak. Salah satu penyebabnya adalah fibroid di rahim.

Sementara itu, nyeri haid yang berat bisa menandakan ada endometriosis, kondisi yang juga memicu sulit hamil.

3. Gangguan penglihatan

Bila penglihatan periferal (tepi) Anda buram, Anda mendadak mengalami kebingungan, atau haid tidak teratur, itu merupakan gejala dari prolactinoma atau tumor nonkanker di kelenjar pituitari, yang bisa berefek pada kesuburan.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved