PMI Bantah Mobil Bantuan Ditahan Aparat Kepolisian

Beredar pula pesan berantai yang menyatakan bahwa mobil bantuan PMI ditahan oleh aparat Kepolisian

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ikrar Gilang Rabbani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Insiden yang terjadi di depan asrama mahasiswa Papua pada Jumat (15/7/2016) kemarin, ramai dibicarakan di media sosial.

Beredar pula pesan berantai yang menyatakan bahwa mobil bantuan PMI ditahan oleh aparat Kepolisian, namun hal tersebut dibantah oleh PMI DIY.

Staf Kominfo PMI DIY, Warjiyani, mengungkapkan bahwa hal tersebut tidak benar. Ia menjelaskan, pada Jumat sore (15/7/2016) sekitar pukul 17.00 WIB PMI Kota Yogyakarta mendapat panggilan dari seorang yang bernama Erna untuk memberikan bantuan.

PMI mendapat permintaan dari yang bersangkutan untuk dikirimi bantuan logistik makanan ke asrama mahasiswa Papua. PMI pun mengirimkan satu unit mobil ambulans menuju lokasi.

Namun saat sudah tiba di lokasi, yang bersangkutan tidak bisa dihubungi oleh pihak PMI.

Petugas PMI harus menunggu beberapa waktu untuk mengkonfirmasi dengan orang atau pihak yang meminta barang bantuan tersebut.

Karena tak kunjung datang pihak yang memanggil akhirnya PMI memutuskan untuk kembali ke markas.

"Jadi tidak ada penahanan mobil PMI oleh aparat. Petugas menunggu pelapor untuk muncul namun karena tidak respon jadi petugas kembali ke markas," ungkap Warjiyani kepada Tribun Jogja, Sabtu (16/7/2016).

Pengurus PMI Kota Yogyakarta, Edy Haryanto juga menegaskan bahwa tidak ada penahanan mobil ambulans PMI oleh aparat dan berita yang menyebar di media sosial tersebut tidak benar.

Mobil ambulans tersebut terparkir beberapa waktu karena menunggu orang yang melapor.

"Di lapangan, petugas kan menunggu orang yang bertanggung jawab meminta bantuan, karena yang bersangkutan tidak muncul karena itu kami balik kanan," ujar Edy.

Edy mengatakan, PMI bersifat netral dan tidak memihak manapun bilamana memberikan bantuan. Namun bantuan yang diminta saat insiden pada Jumat sore itu tidak tersalurkan karena yang meminta bantuan tidak muncul. (*)

Penulis: gil
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved