Jangan Mudah Tertipu Barang Murah, Dalam Sehari Ada Lima Korban Penipuan Melapor ke Polresta

Kepolisian mengimbau kepada masyarakat untuk lebih bijak dalam bertransaksi, terlebih untuk transaksi jual beli online.

Jangan Mudah Tertipu Barang Murah, Dalam Sehari Ada Lima Korban Penipuan Melapor ke Polresta
IST
Ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Santo Ari

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kepolisian mengimbau kepada masyarakat untuk lebih bijak dalam bertransaksi, terlebih untuk transaksi jual beli online.

Banyaknya kasus penipuan online, haruslah menjadi bahan pembelajaran agar masyarakat tidak mudah percaya dengan apa yang ditawarkan pembeli di situs jual beli online.

Laporan kasus penipuan online yang diterima Polresta Yogyakarta terbilang tinggi.

Apabila dirata-rata, setidaknya ada dua hingga lima laporan penipuan online dengan modus jual beli barang yang masuk ke Satuan Reserse Kriminal Polresta Yogyakarta.

Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Tommy Wibisono mengatakan, kebanyakan masyarakat baru sadar telah menjadi korban penipuan setelah barang yang mereka beli tak kunjung datang.

Setelah sepakat dengan barang dan harganya, korban tanpa curiga melakukan transfer sejumlah uang ke nomor rekening si penjual.

Setelah korban melakukan transfer, nomor si penjual sudah tidak aktif dan tak bisa dihubungi.

"Hampir setiap hari itu ada korban yang melapor. Baik itu membeli barang elektronik maupun barang lainnya yang ditawarkan secara online. Setelah tidak bisa melacak keberadaan penjual barang, korban melapor ke polisi," kata Tommy.

Berdasarkan keterangan dari pelapor, modus yang kerep digunakan adalah pelaku memasang barang dagangan di situs jual beli online dengan harga yang jauh lebih murah untuk menarik calon korban.

Dalam kesepakatannya, pelaku menjanjikan barang akan dikirim beberapa hari setelah uang yang ditransfer. Sebagai upaya memperdaya korbannya, pelaku juga mengaku berada di wilayah Yogyakarta. (tribunjogja.com)

Penulis: nto
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved