Waduh! Parkir Mobil Pinggir Jalan Mataram Capai Rp 15.000

Tribun Jogja pun memantau harga parkir di seputaran Malioboro dan mendapati di Jalan Mataram, tarif untuk sekali parkir bagi mobil adalah Rp 15.000.

Waduh! Parkir Mobil Pinggir Jalan Mataram Capai Rp 15.000
Tribun Jogja/Ikrar Gilang
Parkir di pinggir jalan. (ilustrasi) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ikrar Gilang Rabbani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Saat musim libur lebaran, volume kendaraan menjadi meningkat. Ketimpangan volume kendaraan dengan lahan parkir yang terbatas membuat beberapa juru parkir nakal memainkan harga.

Di media sosial menyebar viral keluhan netizen tentang harga parkir mobil di seputaran jalan dekat wilayah Malioboro yang mencapai puluhan ribu. Ada yang menyebut Rp 20.00 hingga Rp 30.000 sekali parkir.

Tribun Jogja pun memantau harga parkir di seputaran Malioboro dan mendapati di Jalan Mataram, tarif untuk sekali parkir bagi mobil adalah Rp 15.000. Sistemnya adalah penawaran terlebih dahulu, jika tidak berkenan dilarang parkir oleh jukirnya.

Seorang jukir, Alex yang merupakan warga Suryatmajan, Danurejan mematok harga Rp 15.000 sekali parkir. Ia menguasai lahan di pinggir jalan Mataram sisi timur (arah dari utara menuju selatan).

Tarif tinggi ia tawarkan kepada pengendara yang hendak parkir di wilayah itu. Ia mengatakan, jika tidak berkenan maka pengendara tidak diperbolehkan parkir di wilayahnya.

"Dari awal sudah saya tawarkan, jadi ya yang parkir sudah pasti setuju harga itu, kalau tidak mau ya tidak boleh parkir" ujar Alex kepada Tribun Jogja pada Minggu (10/7/2016).

Alex mengakui, dirinya mematok harga tinggi karena mengambil momentum wisatawan luar daerah yang hendak berwisata di Malioboro. Ia menyebut, biasanya para wisatawan akan parkir hingga berjampjam lamanya sehingga Ia merasa rugi bila memakai tarif standar dari pemerintah, yakni Rp 2.000.

"Kan kalau jalan-jalan di Malioboro bisa sampai 4-5 jam, jadi kalau tarifnya Rp 2.000 saya rugi, karena lahannya strategis dekat Malioboro," tuturnya.

Tarif tersebut, juga termasuk jasa antar becak menuju Malioboro. Bila wisatawan berkenan memakai jasa tersebut. Ia mengaku dalam shiftnya dari pukul 8 pagi hingga 5 sore hanya mendapat Rp 80.000. Hal tersebut lantaran wisatawan memarkir kendaraannya dengan lama.

Halaman
12
Penulis: gil
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved