Anggota Dewan Tidak Hadir, Dua Sidang Paripurna Diundur

Namun hingga pembukaan masa sidang, hanya ada 26 anggota dewan. Itu pun pembukaan masa sidang sudah diundur hingga 1,5 jam.

Anggota Dewan Tidak Hadir, Dua Sidang Paripurna Diundur
Tribun Jogja/Khaerur Reza
Rapat paripurna. (ilustrasi) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Dua sidang paripurna yang diagendakan DPRD Kota Yogyakarta pada Senin (27/6/2016) kemarin, batal diselenggarakan.

Sebab anggota DPRD Kota Yogyakarta yang hadir tidak memenuhi kuorum atau kehadiran minimal anggota dalam Rapur.

Adapun sidang paripurna yang semestinya diadakan adalah penetapan Rancangan Perda tentang retribusi pelayanan pasar, dan penyampaian Wali Kota Yogyakarta atas Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA PPAS) 2017.

“Hari ini ada 3 agenda. Dua batal, satu dilaksanakan. Yang dilaksanakan adalah pembukaan masa sidang setelah reses. Itu karena pembukaan masa sidang tidak mengharuskan kuorum,” ujar Ketua DPRD Kota Yogyakarta, Sujanarko, Senin (27/6/2016).

Sesuai tata tertib, setidaknya sidang paripurna dihadiri oleh dua per tiga total anggota dewan, atau paling sedikit yaitu 27 anggota.

Namun hingga pembukaan masa sidang, hanya ada 26 anggota dewan. Itu pun pembukaan masa sidang sudah diundur hingga 1,5 jam.

Bahkan seusai pembukaan masa sidang, sempat dilakukan skorsing waktu 10 menit untuk membuat kuorum terpenuhi.

Namun karena tetap tidak terpenuhi, akhirnya dua Rapur tersebut ditunda. Padahal pihak eksekutif yang hadir terhitung lengkap.

“Puasa ini sebenarnya sudah digelar dua sidang paripurna. Dua sebelumnya tidak ada persoalan kehadiran. Baru kali ini tingkat kehadiran rendah,” jelas Koko, sapaan akrabnya.

Oleh karenanya, politisi PDI Perjuangan itu akan meminta Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Yogyakarta untuk mengecek kehadiran anggota dalam berbagai agenda.

Jika tiga kali berturut-turut tidak hadir, pihaknya akan memberikan sanksi secara tertulis.

“Karena kehadiran anggota dewan di berbagai agenda itu sangat dibutuhkan. Kita juga menegaskan anggota tidak boleh nitip absen,” tukasnya. (tribunjogja.com)

Penulis: mrf
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved