Arus Mudik & Balik 2016

Mulai Pekan Depan, Dishubkominfo Sleman akan Gelar Operasi Penertiban Kelaikan Angkutan

Hal ini dilakukan uintuk memastikan keamanan dan kelancaran proses pengangkutan mudik.

Mulai Pekan Depan, Dishubkominfo Sleman akan Gelar Operasi Penertiban Kelaikan Angkutan
Tribun Jogja/ Hasan Sakri Ghozali
Petugas melakukan pemeriksaan terhadap bus angkutan Lebaran, di Terminal Giwangan Yogyakarta, Kamis (16/6/2016) 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Sleman akan menggelar operasi penertiban angkutan mudik umum mulai pekan depan.

Hal ini dilakukan uintuk memastikan keamanan dan kelancaran proses pengangkutan mudik.

Kepala Seksie Angkutan dan Terminal, Dishubkominfo Sleman, Marjanto mengatakan, penertiban nantinya meliputi pemeriksaan kelengkapat syarat kelaikan jalan kendaraan, baik administratif maupun teknis. Jadwal operasi telah disusun dan tinggal diimplementasikan di lapangan.

"Nanti kita periksa surat-surat kendaraannya, izin operasional, hingga kelayakan kendaraan untuk dioperasikan," kata Marjanto, Rabu (22/6/2016).

Pihaknya juga akan mengawasi penerapan standar keselamatan dalam kendaraan angkut. Misalnya, dalam bus berpendingin ruangan diwajibkan tersedia pemecah kaca dan alat pemadam kebakaran.

Menurutnya, jika ditemukan pelanggaran atau ketidaksesuaian dalam proses penertiban tersebut, Dishubkominfo akan memberikan peringatan.

Pihaknya mengingatkan agar penumpang angkutan mudik memperhatikan kelayakan kendaraan yang ditumpanginya.

Sebab hal tersebut akan berdampak pada keselamatan saat perjalanan berlangsung. Pengemudi kendaraan angkutan mudik nantinya juga akan dilakukan pemeriksaan kondisi kesehatan dan kebugarannya.

Dishubkominfo telah bekerja sama dengan beberapa tenaga kesehatan untuk mengecek kondisi supir. Pemeriksaan yang paling umum dilakukan seperti cek tensi darah.

"Harapannya, pengemudi yang beroperasi sehat semua sehingga bisa aman dan selamat mengatarkan pemudik ke tujuan," kata Mardjanto. (*)

Penulis: ing
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved