Pendaftaran Ujian Nasional Perbaikan Dibuka Hingga 16 Juli

Peserta UNP bisa segera mendaftarkan diri melalui online dengan mengakses unp.kemdikbud.go.id.

Pendaftaran Ujian Nasional Perbaikan Dibuka Hingga 16 Juli
Tribun Jogja/ Bramasto Adhy
Suasana ujian nasional (UN) online di salah satu sekolah di Yogyakarta, Senin (13/4/2015) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pendaftaran Ujian Nasional Perbaikan (UNP) telah dibuka sejak 1 Juni 2016 dan akan berlangsung hingga 16 Juli 2016 mendatang.

Peserta UNP bisa segera mendaftarkan diri melalui online dengan mengakses unp.kemdikbud.go.id.

Hal tersebut disampikan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) DIY, Kadarmanta Baskara Aji, disela-sela konferensi pers pengumuman kelulusan SD dan SMP di Kantor Disdikpora DIY, Jumat (10/6/2016).

"Persyaratan peserta UNP adalah memiliki nomer perta UN seperti kartu peserta UN 2015 dan 2016, kemudian peserta pada ujian lalu mendapat nilai kurang dari atau sama dengan 55, serta belum menempuh UN atau UN susulan atau belum menempuh UN secara lengkap," ujar Aji.

UNP sendiri merupakan Ujian Nasional Perbaikan pada jenjang SMA/MA/SMK/SMTK, SMK/MAK dan Program Paket C untuk peserta UN tahun 2015 dan 2016 yang memenuhi persyaratan.

Setelah mendaftar secara online, peserta akan melakukan pendaftaran ulang di satuan Pendidikan penyelenggara UNP pada 9 hingga 11 Agustus 2016.

Latihan ujian pun dijadwalkan pada 22-24 Agustus 2016. Dan setelah pelaksanaannya, pengumuman hasil UNP akan disampaikan pada 17 September 2016.

Hasil UNP pun nantinya akan dilaporkan dalam bentuk Sertifikat Hasil Ujian Nasional Perbaikan (SHUNP) yang memuat nilai mata ujian yang ditempuh saat UNP.

Aji mengatakan bahwa UNP yang akan digelar 29 Agustus sampai dengan 7 September mendatang, akan dilaksanakan berbasis komputer atau UNBK.

Walaupun nantinya ada peserta yang pada saat pelaksanaan ujian nasional sebelumnya menggunakan ujian berbasis kertas pada UNP nya nanti peserta akan melakukannya dengan komputer. (*)

Penulis: una
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved