Breaking News:

Ramadan 1437

Berbuka Puasa dengan Minuman Bersoda Malah Bikin Berat Badan Naik

Minuman bersoda itu kalorinya sangat tinggi dan dapat menyebabkan obesitas. Minum soda itu sama seperti meminum air gula.

Penulis: abm | Editor: Ikrob Didik Irawan
net
Ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Septiandri Mandariana

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Saat berpuasa, para umat muslim tidak hanya menjaga dahaga dan hawa nafsunya, namun juga harus menjaga asupan makanan yang dikonsumsinya saat berbuka puasa maupun saat sahur.

Mengapa demikian? Agar kondisi tubuh seorang yang berpuasa tetap fit dan bugar saat menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Namun pada kenyataannya banyak dari masyarakat yang menjalankan puasa tetapi tidak menjaga makanan yang dikonsumsinya.

Maka dari itu, walaupun puasa sangat menyehatkan bagi tubuh, masih ada saja seorang berpuasa yang jatuh sakit dikarenakan asupan makanan yang tidak dianjurkan tetap dikonsumsi.

Contohnya seperti mengkonsumsi minuman yang mengandung soda. Seperti yang kita tahu, minuman bersoda adalah salah satu minuman yang dijual bebas di Indonesia.

Selain itu, kadang jenis minuman ini pun dipadu padankan dengan minuman lainnya agar mendapatkan citarasa yang lain. Dan minuman bersoda adalah minuman yang banyak peminatnya di Indonesia.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS UGM, dr. RM Agit Seno Adisetiadi, Sp.PD menjelaskan, salah satu keuntungan dari berpuasa adalah mengistirahatkan organ dalam tubuh, juga dapat digunakan sebagai ajang untuk menurunkan berat badan.

Di sini, minuman bersoda ia katakan dapat menyebabkan berat badan seseorang lebih cepat bertambah.

"Minuman bersoda itu kalorinya sangat tinggi dan dapat menyebabkan obesitas. Minum soda itu sama seperti meminum air gula. Jadi kalau ada orang yang malah naik berat badan, bukannya turun. Berarti ada yang salah dengan makanan atau minuman yang ia konsumsi," papar Agit.

Sementara itu, untuk orang-orang berpuasa namun memiliki gangguan pada lambungnya, minum minuman bersoda sangatlah tidak disarankan.

Sebab menurut Agit, jika seorang yang berpuasa namun memiliki gangguan pada lambung, otomatis gangguan pada lambungnya akan menjadi lebih berat.

"Sebaiknya minuman seperti itu dihindari dikonsumsi saat berbuka puasa maupun sahur. Lebih baik mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat membantu tubuh kita jadi fit saat berpuasa," jelasnya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved