Breaking News:

Ramadan 1437

Traveloka Sarankan Pengguna Memesan Tiket pada H-30 hingga H-15 Lebaran

Diprediksi jumlah pemudik yang menggunakan transportasi udara akan meningkat 7,6 persen dibanding tahun lalu atau sekitar 4,6 juta jiwa.

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rento Ari Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dari tahun ke tahun, transportasi udara terus menunjukkan perkembangan sebagai transportasi favorit untuk mudik Lebaran.

Melihat hal ini, perusahaan Online Travel Agent (OTA) Traveloka meminta masyarakat cermat membeli tiket perjalanan udara. Disarankan masyarakat melakukan pemesanan pada H-30 hingga H15 Lebaran.

Diprediksi jumlah pemudik yang menggunakan transportasi udara akan meningkat 7,6 persen dibanding tahun lalu atau sekitar 4,6 juta jiwa.

Data tersebut menegaskan bahwa minat masyarakat Indonesia untuk mudik menggunakan pesawat terus meningkat. Hal ini dikarenakan proses pemesanan tiket pesawat yang makin mudah, bahkan kini dapat dilakukan lewat smartphone.

Data internal Traveloka menunjukkan persiapan masyarakat Indonesia dalam menghadapi perayaan satu tahun sekali ini, yaitu dengan merencanakan perjalanan mudik sedini mungkin.

Berdasarkan histori pemesanan tahun sebelumnya, Traveloka mencatat sebanyak 60 persen tiket pesawat untuk mudik dipesan sejak awal Ramadan.

Sementara itu, kepastian jadwal mudik juga menjadi hal yang penting bagi masyarakat karena sebanyak 75 persen memesan penerbangan pergi dan pulang dalam satu nomor pesanan.

CEO Traveloka, Ferry Unardi mengatakan, agar mudik 2016 semakin nyaman, pihaknya mengimbau pemudik untuk memesan tiket pesawat sejak dini.

“Kami menyarankan agar masyarakat memesan tiket pesawat pada H-30 hingga H-15 Lebaran karena harga tiket pesawat relatif lebih murah dan beragam promo masih banyak tersedia. Dengan memesan sejak dini, pemudik bisa menghemat tiket pesawat hingga 10 persen,” kata Ferry dalam keterangannya, Kamis (9/6/2016).

Berdasarkan data internal Traveloka, harga tiket pesawat pada periode H-7 Lebaran bisa meningkat hingga 2,7 kali lipat dari harga normal.

Untuk kota tujuan favorit, Traveloka memprediksi Surabaya, Padang, Jogja, Makassar, Denpasar sebagai destinasi terpopuler berdasarkan jumlah pencarian selama periode mudik Lebaran 2016.

Walaupun Denpasar bukan tujuan mudik, namun kota ini tetap menjadi primadona karena sebagian masyarakat memanfaatkan momen Lebaran untuk berlibur. (tribunjogja.com)

Penulis: Rento Ari Nugroho
Editor: Ikrob Didik Irawan
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved