Kasus Perkosaan Jatinom Dilimpahkan Dalam Tiga Berkas

Dalam pelimpahannya, berkas perkara dibagi menjadi tiga dengan tujuh terdakwa.

Kasus Perkosaan Jatinom Dilimpahkan Dalam Tiga Berkas
net

Laporan Reporter Tribun Jogja, Angga Purnama

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Kejaksaan Negeri (Kejari) Klaten telah melimpahkan kasus perkara perkosaan siswi SD di Jatinom ke Pengadilan Negeri (PN) Kelas IB Klaten.

Dalam pelimpahannya, berkas perkara dibagi menjadi tiga dengan tujuh terdakwa.

Informasi yang dihimpun Tribun Jogja, berkas perkara pertama dan kedua masing-masing dengan tiga terdakwa pria. Sedangkan pada berkas ketiga dengan terdakwa perempuan.

Kasi Pidana Umum Kejari Klaten, Slamet Haryadi membenarkan adanya pembagian tiga berkas perkara perkosaan dengan korban yang masih di bawah umur itu.

Kendati demikian ia tidak menyebutkan detail pembagian berkas perkara tersebut.

“Kita bagi menjadi tiga berkas untuk mempermudah penanganan kasus ini. Apalagi kasus ini melibatkan anak di bawah umur, baik sebagian pelaku maupun korban,” katanya, Rabu (8/6/2016).

Menurutnya Kejari Klaten sendiri telah menunjuk empat jaksa yang biasa menangani anak-anak sebagai penuntut umum dan pelaksana putusan pengadilan.

Selain korban yang masih di bawah umur, terdapat pelaku yang masih berusia 15 tahun, sedangkan pelaku lainnya berusia 17 tahun.

“Perkara sudah dilimpahkan dan saat ini sudah berjalan di pengadilannya,” paparnya.

Sebelumnya Polres Klaten telah menetapkan tujuh tersangka dalam kasus pemerkosaan terhadap LS (12) yang terjadi di Puluhan, Jatinom pada 11 Mei lalu. Enam tersangka yang semua pria ditetapkan terlebih dahulu.

Setelah dilakukan pengembangan, penyidik menetapkan tersangka ketujuh yang merupakan perempuan kenalan korban.

Belakangan diketahui tersangka tambahan tersebut berinisial DF (15) yang berperan mengajak korban ke lokasi pemerkosaan.

Meski enam tersangka lainnya ditahan, namun tersangka terakhir hanya diminta untuk wajib lapor sebagai pengganti penahanan. (*)

Penulis: ang
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved