Breaking News:

Pantai Nguyahan Tempat Pas untuk Cari Ketenangan

Beberapa jenis ikan dapat pemancing jumpai di pantai Nguyahan. Sebagia pendukung, beberapa fasilitas telah tersedia, seperti beberapa warung

Penulis: Hamim Thohari | Editor: Ikrob Didik Irawan
Tribun Jogja/Hamim Thohari

Laporan Reporter Tribun Jogja, Hamim Thohari

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Nguyahan, mungkin nama ini masih asing di telinga masyarakat Yogyakarta. Nama tersebut disandang oleh sebuah pantai mungil nan indah di pesisir selatan Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.

Pantai ini seakan kalah gaungnya dibanding pantai lainnya di Gunungkidul misalnya Indrayanti, Baron, Krakal, dan Krukup, meski keindahannya tidaklah kalah.

Pantai Nguyahan adalah pantai dengan pasir dengan garis pantai yang tidak terlalu panjang dan memiliki pasir berwarna putih. Pantai ini diapit bukit karang baik di sisi kanan maupun kirinya.

Pada musim penghujan, bukit di sekitar pantai ditumbuho beragam vegetasi berwarna kehijauan. Perpaduan antara birunya air laut, putihnya pasir pantai, dan hijaunya perbukitan, menyajikan lukisan alam yang begitu indah.

Kurang dikenalnya pantai yang berada di wilayah Dusun Gebang, Kelurahan Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, karena memang pantai ini belum begitu lama dibuka untuk umum.


Tribun Jogja/Hamim Thohari

Sukiman selaku Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Nguyahan mengatakan pada sekitar tahun 2010 pantai ini mulai didatangi pengunjung.

"Dulu pantai ini tersembunyi di balik bukit. Dulu yang ramai hanya pantai Ngobaran yang berada persis di timur pantai Nguyahan. Baru pada tahun 2005 kami mulai gotong royong membuka jalan," cerita Sukiman.

Baru pada tahun 2015 yang lalu dibangun jalan cor yang bisa dilewati kendaraan roda empat. Selain itu pemerintah juga membangun sejumlah ruko sebagi tempat berjualan masyarakat sekitar.

Terkait dengan nama Nguyahan, Sukiman mengatakan bahwa nama ini berasal dari cerita turun-temurun yang ada di tengah masyarakat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved