Tingkatkan Literasi Pasar Modal, OJK Ingin Jumlah Investor Tiga Kali Lipat

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berharap jumlah investor reksa dana, khususnya di DIY, ke depan bisa bertumbuh hingga tiga kali lipat

Tingkatkan Literasi Pasar Modal, OJK Ingin Jumlah Investor Tiga Kali Lipat
shutterstock
Ilustrasi pergerakan harga saham 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Singgih Wahyu Nugraha

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berharap jumlah investor reksa dana, khususnya di DIY, ke depan bisa bertumbuh hingga tiga kali lipat.

Meski dipandang sudah cukup melek investasi, masyarakat perlu diberikan edukasi lebih banyak supaya tidak terjebak investasi bodong.

Untuk itu, OJK menggiatkan berbagai program literasi industri pasar modal untuk masyarakat. Termasuk di antaranya melalui Pekan Reksa Dana yang dihelat bersama Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI).

Pameran bertema 'Reksa Dana; Investasi Masa Depan, Mudah, dan Terjangkau' itu digelar di di aula Kantor OJK Yogyakarta, 25-29 April 2016 ini. Sebanyak 14 perusahaan manajer investasi turut ambil bagian di dalamnya.

Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal II OJK, M Noor Rachman, mengatakan, masyarakat sebetulnya sudah cukup paham dengan reksa dana, hanya saja, masih perlu 'dimelekkan' lagi.

Sekarang ini pemilik Single Investor Identification (SID) baru sekitar 400.000 investor saja. Ini terbilang masih cukup sedikit jika dibandingkan jumlah penduduk.

"Pengelolaan sebenarnya sudah cukup banyak namun masih perlu ditingkatkan. Harapan kami bisa lebih dari itu, dua atau tiga kali lipat lebih banyak," kata Noor Rachman di sela pembukaan Pekan Reksa Dana Yogyakarta, Senin (25/4/2016).

Ia menyebutkan, investasi dalam reksa dana ini sebetulnya menarik, baik bagi mahasiswa maupun masyarakat umum.

Hanya denan Rp100ribu sudah bisa membuka rekening, menjual atau mencairkan investasi setiap saat dengan aman.

Hanya saja, ia juga mewanti-wanti agar masyarakat tidak tertipu investasi palsu alias investasi bodong. (tribunjogja.com)

Penulis: ing
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved