Pemkab Klaten Kebut Perizinan TPA Gemampir

Pihaknya tengah berusaha keras menyelesaikan proses perizinan TPA Gemampir. Menurutnya, minggu depan sudah masuk dalam tahap sidang.

Pemkab Klaten Kebut Perizinan TPA Gemampir
Tribun Jogja/ Padhang Pranoto
Suasana TPA Joho-Kecamatan Prambanan. Pemkab Klaten berencana memperpanjang masa pakai TPA Joho. Hal itu menyangkut proses perizinan lahan TPA di Gemampir-Karangnongko belum usai. Selasa (8/3/2016) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Padhang Pranoto

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Pemkab Klaten kebut penyelesaian izin penggunaan lahan di Desa Gemampir Kecamatan Karangnongko, sebagai tempat pembuangan akhir sampah.

Hal ini mengingat, TPA Joho di Prambanan tak bisa digunakan lagi sebagai penampungan sampah di hari Senin (18/4/2016).

Kabid Pertamanan dan Kebersihan DPU ESDM Klaten, Anwar Shodiq mengakui hal tersebut. Dirinya berkata, usia pemanfaatan TPA Joho memang tinggal empat hari lagi.

Hal itu sesuai kesepakatan yang dibuat antara instansinya dengan warga sekitar.

"Senin nanti langsung off untuk pembuangan sampah di Joho. Namun demikian, ditempat itu masih dilaksanakan penimbunan tanah agar tumpukan sampahnya bisa tertimbun dengan sempurna. Ya nanti kita ninggal apik lah (meninggalkan tempat dengan kondisi baik)," ujar Shodiq, Rabu (13/4/2016).

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya tengah berusaha keras menyelesaikan proses perizinan TPA Gemampir. Menurutnya, minggu depan sudah masuk dalam tahap sidang dari Badan Lingkungan Hidup (BLH).

Dirinya mengatakan, informasi zona dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) juga telah turun.

"Kita masih menunggu sidang dari BLH. Untuk lokasinya sendiri masih perlu ditata. Akan tetapi kita sudah menyiapkan lokasi pembuangan awal (darurat) jika izin telah didapatkan dan kita sudah bisa membuang disana (Gemampir)," tuturnya. (tribunjogja.com)

Penulis: pdg
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved