Kawasan Tanpa Rokok Bikin Pendapatan Pajak Reklame Berpotensi Berkurang

Rencana penerapan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Gunungkidul mulai 1 Juli mendatang berpotensi mengurangi pendapatan daerah dari pajak reklame.

Kawasan Tanpa Rokok Bikin Pendapatan Pajak Reklame Berpotensi Berkurang
yangenak.com
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Rencana penerapan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Gunungkidul mulai 1 Juli mendatang berpotensi mengurangi pendapatan daerah dari pajak reklame.

Sebab, nantinya pemasangan reklame iklan rokok di jalan protokol tidak diperbolehkan lagi.

Pejabat Sekda Gunungkidul, Supartono mengatakan dalam Perda nomor 7 tahun 2015 tentang KTR dan Perbub nomor 69 tahun 2015 tentang peraturan pelaksanaan Perda Nomor 7 tahun 2015, nantinya di ruas jalan protokol dilarang untuk pemasangan reklame iklan rokok.

Untuk itu, konsekuensi dari penerapan peraturan tersebut adalah pemerintah akan kehilangan pendapatan asli daerah( PAD) dari pajak reklame.

Selama papan reklame berukuran besar yang tersebar di sejumlah ruas jalan protokol didominasi oleh iklan produk rokok.

Dengan adanya aturan tersebut, mau tidak mau nantinya papan-papan reklame di jalan protokol yang selama ini menjadi penyumbang pajak reklame tidak boleh lagi digunakan untuk mempromosikan iklan rokok.

“Memang berpengaruh besar( menyebabkan pajak reklame berkurang), tapi kebijakan tetap harus dijalankan,” katanya akhir pekan lalu.

Menurut Supartono, pada 2016 ini pemerintah sudah membuat target pendapatan dari pajak reklame. Dengan aturan tersebut, tentu saja akan berpengaruh terhadap target yang sudah ditetapkan.

Namun demikian, meski pendapatan dari pajak reklame rokok berkurang cukup besar, pemerintah akan berusaha memaksimalkan potensi-potensi pajak reklame lainnya.

“Kita akan terus berusaha untuk mencapai target pajak reklame yang sudah ditetapkan,” jelasnya. (tribunjogja.com)

Penulis: has
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved