Lempuyangan dan Tugu Bakal Ditata Jadi Stasiun Bertaraf Internasional

Stasiun Tugu dan Stasiun Lempuyangan yang berada di pusat kota Yogyakarta akan ditata ulang dan dijadikan bertaraf International.

Tribun Jogja/ Hendra Krisdianto
Stasiun Tugu Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYAKARTA - Stasiun Tugu dan Stasiun Lempuyangan yang berada di pusat kota Yogyakarta akan ditata ulang dan dijadikan bertaraf International.

Hal ini perlu dilakukan guna mendukung kemajuan pariwisata di kota Yogyakarta dan menjadikan stasiun ramah terhadap wisatawan domestik dan asing.

"Lokasi dua stasiun itu berada di pusat kota. Tapi Saat ini belum mencerminkan sebagai stasiun wisata," ujar Hendi Helmy Kepala PT KAI Daop VI, Kamis (7/4/2016)

Hendi mengatakan, Yogyakarta merupakan salah satu kota yang paling diminati wisatawan. Setiap tahun ada sekitar 400.000 wisatawan domestik dan asing yang berkunjung ke Yogyakarta.

Sehingga perlu ada penataan ulang stasiun Tugu dan Stasiun Lempuyangan menjadi bertaraf International yang ramah dengan wisatawan domestik dan asing.

Nantinya, stasiun akan didukungan dengan fasilitas penunjang seperti kamar mandi, tanda dengan bahasa International dan tentunya ada intermoda.

"Dilengkapi money changer, tempat taksi, bus, dan travel agent," katanya.

Selain itu, akan dibangun juga fasilitas kantor komersil dan hotel untuk transit pengguna jasa kereta api. Stasiun juga akan dilengkapi dengan resto yang ramah dengan wisatawan asing.

"Kalau Bandara Kulonprogo sudah jadi, kunjungan wisatawan diprediksi akan meningkat sampai 2 juta orang. Stasiun bertaraf internasional ini nantinya jadi cerminan promosi wisata di Yogya," ucapnya.

Terkait rencana tersebut, saat ini pihaknya sedang membuat desain penataan ulang stasiun dan menunggu izin dari Gubernur DIY serta Keraton sebagai pemilik tanah. Sebab direncanakan pintu masuk Stasiun Lempunyangan akan dirubah menghadap ke Utara.

Pada rencana pembangunan penataan ulang stasiun ini ditargetkan dapat dilaksanakan tahun ini.

"kita laksanakan berbarengan. Ini juga untuk mendukung penataan kawasan Malioboro," kata dia. (*)

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved