Breaking News:

"Nilep" Karya Mahasiswa UMY Raih Penghargaan di XXI Short Film Festival

Sejak digarap pada pertengahan 2015 lalu, Nilep telah menerima beberapa penghargaan

Tribun Jogja/Rona Rizkhy
Sejak digarap pada pertengahan 2015 lalu, Nilep telah menerima beberapa penghargaan 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rona Rizkhy Bunga Chasana

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - "Nilep" merupakan film indie anak berbahasa Jawa bergenre drama komedi karya mahasiswa UMY, Wahyu Agung Prasetyo, yang telah mendapatkan banyak penghargaan.

Sejak digarap pada pertengahan 2015 lalu, Nilep telah menerima beberapa penghargaan antara lain, Film Pendek Favorit Moviestival (Kantor Pos Indonesia 2015), Film Fiksi Pelajar Terbaik dan Film Pilihan Juri Acffest (KPK) 2015, Nominasi Festival Film Pendek Kompas TV 2015.

Dan belum lama ini, pada 21 Maret 2016 lalu, Nilep menyabet penghargaan sebagai Film Pendek Fiksi Terbaik Kategori Drama/Comedy Pilihan Juri Media pada kompetisi XXI Short Film Festival 2016 di Jakarta mengalahkan 545 film lain yang terdaftar dalam kompetisi tersebut.

Cerita bermula di sebuah desa terdapat empat bocah bernama Bayu, Pandi, Ipah, dan Rindho yang sedang berkumpul di pos ronda.

Ketika berkumpul datanglah penjual mainan anak yang menarik perhatian mereka. Beberapa diantara anak tersebut akhirnya membeli mainan.

Namun, tak disangka setelah penjual pergi, Pandi, Ipah dan Rindho memergoki Bayu telah mencuri mainan dari penjual.

Pertengkaran diantara mereka berempatpun terjadi. Mereka menyuruh Bayu untuk mengembalikan mainan yang dicurinya ke penjual.

Karena takut, Bayu pun tidak berani mengembalikan mainan tersebut secara langsung. Bayu akhirnya berinisiatif untuk mengembalikan mainan lewat perantara tukang pos yang mengantarkan paket mainan yang Bayu curi ke penjual tadi.

"Nilep ini sebenarnya menceritakan tentang kepolosan anak kecil dan kenakalannya yang kemudian disadarkan, diingatkan oleh teman-temannya sehingga mengubah kesalahan anak kecil itu menjadi kebaikan," jelas Wahyu Agung Prasetyo, sutradara film Nilep.

Halaman
12
Penulis: una
Editor: Ikrob Didik Irawan
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved