Elemen Masyarakat Bersihkan Pantai Parangtritis

Sejumlah elemen masyarakat mengadakan Reresik Pantai di sepanjang Pantai Parangendog, Parangtritis, hingga Parangkusumo, Jumat (18/3/2016).

Elemen Masyarakat Bersihkan Pantai Parangtritis
Tribun Jogja/Usman Hadi
Petugas dari SAR Parangtritis dan sejumlah relawan saat membersihkan sampah yang menumpuk di Pantai Parangtritis, Jumat (18/3/2016) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Usman Hadi

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Sejumlah elemen masyarakat mengadakan Reresik Pantai di sepanjang Pantai Parangendog, Parangtritis, hingga Parangkusumo, Jumat (18/3/2016).

Giat bersih pantai ini dimaksudkan untuk membersihkan bibir Pantai Selatan dari tumpukan sampah akibat banjir di DIY Sabtu (12/3/2016).

Setidaknya, tiga sungai yakni Sungai Code, Winongo, dan Bedog Sabtu lalu airnya meluap dan menyebabkan banjir.

Sementara sampah luapan sungai tersebut terbawa arus hingga sampai ke Laut Selatan.

"Kemarin kami belum mendapatkan waktu yang pas, makanya sekarang ini kami kondisikan (sampahnya, red)," jelas Taufik Faqih Oesman, Sekretaris SAR Parangtritis.

Suranta, Koordinator Unit Pelaksana Kegiatan Parangtritis, Kabupaten Bantul, mengakui bahwa kondisi sampah di Pantai Parangtritis akibat luapan sungai kali ini cukup parah.

Pasalnya, perbandingan volume sampah di hari-hari biasa di Pantai Parangtritis dibanding kondisi pasca banjir sangat besar.

"Kalau dibandingkan dengan hari-hari biasa, sampah yang ada bisa 20-30 kali lipat dari hari normal," ulasnya. (tribunjogja.com)

Penulis: usm
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved