Banjir Kali Winongo

Wali Kota Yogya Instruksikan SKPD Turun Langsung Tangani Banjir

Hal itu dilakukan dengan mendistribusikan bantuan peralatan sampai dengan bantuan logistik atau makanan.

Wali Kota Yogya Instruksikan SKPD Turun Langsung Tangani Banjir
tribunjogja/khaerurreza
Warga di Sidomulyo Bener, Tegalrejo, Yogyakarta membersihkan lumpur akibat banjir besar yang melanda Sungai Winongo Sabtu (12/3/2016) malam. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, menuturkan penanganan pascabanjir dilakukan melalui skala prioritas pada wilayah terdampak bencana secara langsung.

Hal itu dilakukan dengan mendistribusikan bantuan peralatan sampai dengan bantuan logistik atau makanan.

Ia langsung mengistruksikan BPBD, Kimpraswil, BLH dan Dinas Ketertiban serta SKPD Kewilayahan untuk segera melakukan penanganan secara langsung dan mengambil langkah antisipatif adanya banjir susulan.

"Harapan saya, langkah antisipatif terus kita lakukan dengan meningkatkan kewaspadaan yang tinggi dari instansi terkait BPBD, Kimpraswil, BLH, dan Dintib (mengomando linmas). Beberapa camat yang berada di wilayah bantaran sungai untuk terus melakukan penanganan," ujar Haryadi, Senin (14/3/2016).

Ia menambahkan, secara relatif terdapat 1.745 jiwa yang pada saat kejadian banjir Sabtu (12/3/2016) lalu terevakuasi, dilaporkan sebanyak tinggal tujuh orang yang tidak berada di tempat tinggalnya lagi.

Sementara itu data kerusakan paling parah di bantaran kali winongo.

Ia mengatakan penanganan bencana menggunakan alokasi dana darurat kebencanaan berkisar Rp 5 miliar ataupun melalui APBD Perubahan, untuk pembenahan secara fisik infrastruktur yang rusak, sampai pengadaan logistik.

"Kita lihat datanya, nanti kita perhitungkan berapa. Saya minta pengadministrasian dana tak terduga dijaga ketepatannya penggunaan dan efektivitasnya, agar manfaatnya dapat dirasakan secara merata," pungkas Haryadi. (*)

Penulis: Rendika Ferri K
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved