Banjir Kali Winongo

BPBD DIY Minta Tiap Hulu Sungai Dipantau

Banjir yang terjadi di DIY pada Sabtu (12/3/2016) malam, disebabkan oleh debit air yang berlebih di hulu sungai yang ada di Sleman.

BPBD DIY Minta Tiap Hulu Sungai Dipantau
tribunjogja/khaerurreza
Warga bantaran sungai Winongo yang menjadi korban banjir pada Sabtu (12/3/2016) malam mulai membersihkan kampungnya. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Air sungai yang meluap di beberapa tempat di DIY membuat Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD DIY tak tinggal diam.

Saat ini, TRC BPBD DIY bekerjasama dengan relawan untuk memantau tiap hulu sungai di Sleman.

Anggota TRC BPBD DIY, Indro Sambodo mengatakan, banjir yang terjadi di DIY pada Sabtu (12/3/2016) malam, disebabkan oleh debit air yang berlebih di hulu sungai yang ada di Sleman.

Bukan berasal dari hulu sungai yang berada di lereng Merapi.

“Kasus kemarin, banjir berasal dari lintasan air di Sleman penuh karena hujan deras, sehingga masuk ke sungai Winongo. Kita sudah kerjasama dengan relawan dan warga, mereka akan memberi tahu kami kalau debit air di sana meningkat,” kata Indro kepada Tribun Jogja, Minggu (13/3/2016).

Diungkapkannya, banjir tersebut memberi dampak yang tergolong cukup parah terhadap empat lokasi di DIY.

Diantaranya Kragilan, Sleman; Jatimulyo dan Bener, Yogyakarta; Serangan, Yogyakarta; serta Tedjokusuman, Yogyakarta.

“Dampak terparahnya, jembatan di Bener kan ada yang sampai retak karena efek banjir. Tidak layak dilewati roda empat. Untuk di Jatimulyo, dua rumah hanyut,” sambungnya.

Saat ini, lanjut Indro, pihaknya telah meminta warga Jatimulyo, Bener, serta Kragilan untuk mengungsi. Menengok potensi banjir susulan dapat terjadi. Pun warga tersebut mengungsi di Balai RW, gedung sekolah, dan masjid setempat.

Untuk bantuan logistik, TRC BPBD DIY telah mengirimkan makanan, minuman, peralatan dapur, hingga kebutuhan untuk mendirikan posko yang layak ke pengungsian.

Halaman
12
Penulis: mrf
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved