100 Hektare Lahan di Sedayu Dikembangkan Jadi Pertanian Modern

Petani dianggap sudah siap, serta ketersediaan air cukup sehingga padi bisa ditanam terus-menerus.

100 Hektare Lahan di Sedayu Dikembangkan Jadi Pertanian Modern
Tribun Jogja/Anas Apriyadi
Bupati Bantul Suharsono menaiki mesin combine harvester saat panen raya di Polaman, Argorejo, Sedayu, Selasa (23/2/2016) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Anas Apriyadi

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Mulai minimnya sumber daya manusia dalam bidang pertanian membuat modernisasi pertanian menjadi sebuah keniscayaan. Untuk itu 100 hektare lahan sawah di Sedayu dicoba menjadi percontohan pertanian modern di Bantul.

Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertahut) Bantul, Partogi Dame Pakpahan dalam panen raya padi dengan alat modern di Polaman, Argorejo, Sedayu, Selasa (23/3/2016) mengungkapkan sekitar 100 ha lahan di Sedayu dipilih untuk pertanian modern karena hamparan sawah padi yang tersedia cukup luas.

Petani dianggap sudah siap, serta ketersediaan air cukup sehingga padi bisa ditanam terus-menerus.

"Luasan 100 hektare ini masih akan berkembang, untuk menjembatani bagaimana mengatasi tenaga kerja pertanian yang berkurang," ujarnya.

Tenaga kerja di bidang pertanian menurutnya memang kini dodominasi generasi tua, mekanisasi pertanian menurutnya dilakukan sembari memperkuat kemauan generasi muda agar tertarik untuk bertani.

Untuk itu menurutnya bantuan alat mesin pertanian sudah diberikan kepada gabungan kelompok tani (gapoktan) di Argorejo, Sedayu.

Salah satunya berupa mesin pemanen mobile combine harvester yang juga sempat dicoba oleh Bupati Bantul, Suharsono untuk panen raya.

Dengan mesin tersebut menurutnya untuk memanen bisa dilakukan lebih cepat yaitu delapan jam untuk satu hektare dengan mesin yang hanya dioperasikan satu orang.

"Kalau dihitung, dibanding tenaga manusia, tenaga mesin jauh lebih murah dan cepat," tuturnya. (tribunjogja.com)

Penulis: apr
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved