Di Tangan Mahasiswa UNY, Cangkang Telur Bisa Bikin Kulit Jadi Mulus

Lima mahasiswa UNY yang tak kenal lelah melakukan beberapa kali percobaan, berhasil membuat masker berbahan dasar cangkang telur.

Di Tangan Mahasiswa UNY, Cangkang Telur Bisa Bikin Kulit Jadi Mulus
dokpri
Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) manfaatkan limbah cangkang telur sebagai masker yang berfungsi untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan noda bekas jerawat. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Lima mahasiswa UNY yang tak kenal lelah melakukan beberapa kali percobaan, berhasil membuat masker berbahan dasar cangkang telur.

Mereka adalah Ujang Herlan Permana (Pendidikan Matematika), Desi Novi Dayana (Fisika), Luthfi Nurlaily (Pendidikan Akuntansi), Karyati (Pendidikan Akuntansi), dan Chatarina Ayu (Akuntansi).

Masker dari cangkang telur ini terbuat dari bahan-bahan alami dan berbeda dengan masker buatan pabrik yang mengandung bahan kimia.

Bahan yang digunakan meliputi cangkang telur yang telah disterilkan, talc, glycerin, propilen glikol,carboxy methyl cellulose,aroma therapy, tepung beras dan air.

Ujang menuturkan bahwa 10 cangkang telur bisa menghasilkan 65 kemasan Cremcate (cream cangkang telur).

"Modal awal kami untuk membuat masker cangkang telur adalah Rp2 juta. Cangkang telur sendiri kami dapatkan dari tempat katering. Kami melihat banyaknya jenis masakan yang menggunakan telur ayam mengakibatkan peningkatan jumlah limbah cangkang telur. Dari sinilah tercetus ide untuk memanfaatkan limbah tersebut, sekaligus meningkatkan nilai ekonomis cangkang telur," terang Ujang kepada Tribun Jogja, Senin (22/2/2016).

Pria asal Sukabumi tersebut mengimbuhkan bahwa cangkang telur memiliki sifat-sifat adsorpsi yang baik, yakni struktur pori, CaCO3 dan protein asam mukopolisakarida yang dapat dikembangkan menjadi adsorben.

Kemudian membran yang terdapat pada cangkang telur adalah zat yang ideal digunakan dalam produk perawatan kulit karena merupakan anti-inflamasi yang kuat juga pemasok nutrisi dan faktor pertumbuhan yang dikenal untuk mencegah dan mengobati proses penuaan.

Selain itu, cangkang kulit telur juga dapat membantu mengurangi munculnya kulit kering, garis-garis halus, keriput, dan pori-pori besar.

Luthfi Nurlaily menambahkan bahwa kulit membutuhkan beberapa vitamin yakni vitamin A untuk merangsang perbaikan sel-sel kulit, vitamin C untuk memproduksi kolagen, protein agar kulit elastis, kencang, dan bebas keriput serta vitamin E yang dibutuhkan kulit untuk menjaga kesatuan jaringan kulit. (tribunjogja.com)

Penulis: kur
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved