Ini Manfaat Lemak Tak Jenuh Bagi Tubuh

Ada lemak yang tidak baik dan ada lemak yang baik untuk dikonsumsi.

Ini Manfaat Lemak Tak Jenuh Bagi Tubuh
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Alam memberi kita banyak sumber lemak. Ada lemak yang tidak baik dan ada lemak yang baik untuk dikonsumsi. Lemak yang baik, kita namakan lemak tak jenuh.

Lemak tak jenuh terbagi dua, lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Salah satu jenis lemak tak jenuh ganda adalah asam lemak Omega-3.

Omega 3 dapat kita temukan di ikan laut perairan dalam (seperti sarden dan salmon), kenari, biji rami, kacang kedelai, kanola, dan kuning telur.

Manfaat asam lemak Omega-3 yang sangat terkenal adalah membantu pembentukan otak janin. Selain itu, lemak baik ini juga berguna untuk:

1. Memerangi rasa sakit

Penelitian oleh University of Pittsburgh Medical Center menemukan bahwa pasien sakit leher dan punggung kronis, tidak lagi memerlukan obat anti-inflamasi setelah mengonsunsi minyak ikan selama 20-30 hari.

Asam lemak Omega-3 telah membuktikan keampuhan perannya sebagai senyawa anti-inflamasi atau antiradang.

2. Menjaga berat badan ideal

Suasana hati yang berubah-ubah dan sering sedih atau depresi, sering membuat orang mencari makanan manis atau mencari pelampiasan dengan makan berlebih.

Omega-3 dapat mengatasi hal ini dengan cara menstabilkan suasana hati Anda, kata Douglas Bilbus, PhD, peneliti dari University of Minnesotas Academic Health Center.

Halaman
12
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved