30 Persen Konsumsi Kebutuhan Pokok Bantul dari Sektor Pariwisata

Selama ini kajian hanya melihat berapa ton beras atau kebutuhan lain untuk mencukupi konsumsi sekitar 920.00 warga Bantul.

30 Persen Konsumsi Kebutuhan Pokok Bantul dari Sektor Pariwisata
Tribunjogja.com/Angga Purnama
Pedagang daging ayam melayani pembeli di Pasar Caturtunggal, Depok, Rabu (3/6/2015). (ilustrasi) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Anas Apriyadi

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Selama ini stok bahan kebutuhan pokok di Bantul dianggap selalu memenuhi konsumsi masyarakat, meski begitu perhitungan yang dilakukan ternyata belum memasukkan unsur pariwisata yang juga punya porsi besar.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) Bantul, Sulistiyanto mengungkapkan selama ini kajian hanya melihat berapa ton beras atau kebutuhan lain untuk mencukupi konsumsi sekitar 920.00 warga Bantul.

"Dengan lahan yang ada dihitung jumlah penduduk mencukupi tapi ketika dikonsumsi rumah makan atau hotel bisa kurang," katanya pada Rabu (20/1/2016).

Padahal menurutnya Bantul merupakan salah satu tujuan wisata utama di DIY dan juga tempat transit. Bahkan menurutnya jumlahnya konsumen bahan kebutuhan pokok di luar konsumsi rumah tangga warga Bantul bisa 30 persen dari total.

"Kasus terakhir daging ayam yang kemarin juga seperti itu," terangnya.

Karenanya perbaikan metode untuk menghitung kebutuhan pokol bagi warga Bantul menurutnya harus dikaji ulang, sehingga kekurangan stok karena salah hitung bisa dihindari.

Dengan begitu diharapkan minimal kebutuhan konsumsi Bantul ditambah konsumsi kuliner yang dituju wisatawan bisa tercukupi. "Kalau kurang dari produksi dalam daerah, nanti perlu datangkan dari mana berapa banyak," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga akan mengkaji ulang apakah produksi Bantul bisa memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat yang meningkat, pasalnya masih banyak petani yang dalam mengolah sawahnya atau memelihara hewannya belum mengarah pada industri.

"Mindsetnya harus kita rombak, saya bicara kita butuu pasokan," ungkapnya. (tribunjogja.com)

Penulis: apr
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved