Pilkada Sleman

Pimwan Kirim Rekomendasi Santun ke Gubernur

Setelah tertunda sekian lama, jajaran pimpinan DPRD Sleman akhirnya menyerahkan rekomendasi pelantikan Sri Purnomo-Sri Muslimatun

Penulis: ang | Editor: Ikrob Didik Irawan

Laporan Reporter Tribun Jogja, Angga Purnama

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN – Setelah tertunda sekian lama, jajaran pimpinan DPRD Sleman akhirnya menyerahkan rekomendasi pelantikan Sri Purnomo-Sri Muslimatun (Santun), pasangan calon Bupati-Wakil Bupati pemenang Pilkada 2015.

Hal tersebut merupakan hasil konsultasi dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Ketua DPRD Sleman, Haris Sugiarta mengatakan rekomendasi tersebut dilayangkan kepada Gubernur DIY pada Jumat (15/1/2016) lalu.

Selanjutnya akan dilakukan pencermatan oleh Gubernur dan diteruskan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Mendagri memutuskan usulan pelantikan dapat diteruskan setelah semua syarat adminitrasi untuk pelantikan sudah dipenuhi,” kata Haris, Minggu (17/1/2016).

Pada konsultasi yang dilakukan Senin (11/1/2016), Mendagri menyampaikan terdapat 24 poin syarat kelengkapan pengesahan bupati dan wakil bupati terpilih.

Dua dari persyaratan tersebut belum dilengkapi, yaitu surat pengantar hasil pilkada dari DPRD Sleman dan surat pengantar Gubernur.

Sempat terjadi perbedaan pendapat di antara pimwan dengan hasil konsultasi tersebut.

Hal ini lantaran hingga saat ini Sri Muslimatun belum mengantongi SK PAW dari PDIP sebagai anggota DPRD Sleman yang menjadi syarat pencalonannya dulu.

“Kemudian pimwan menyepakati untuk mengirimkan rekomendasi pelantikan kepada Gubernur, namun dengan disertai catatan. Di antaranya Sri Muslimatun masih tercatat sebagai anggota DPRD Sleman karena belum ada Surat Keputusan penghentian sebagai anggota dewan,” ungkapnya.

Menurutnya, proses pencabutan status Sri Muslimatun tidak cukup dilakukan dengan pengunduran diri yang bersangkutan. Namun juga harus melalui prosedur yang sesuai dengan aturan yang ada, di antaranya adanya rekomendasi dari partai pengusungnya.

“Yang jelas saat ini kebijakan berada di tangan Gubernur. Tanggung jawab kami sebagai DPRD sudah selesai setelah kami menyampaikan pengusulan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih, berikut dengan catatannya,” papar Haris. (tribunjogja.com)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved