Kembangkan Pasar Modal, KSEI Gandeng Taiwan

Hal ini sebagai upaya memperluas kerjasama internasional dalam rangka pertukaran informasi untuk pengembangan pasar modal.

Laporan Reporter Tribun Jogja, Singgih Wahyu Nugraha

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) menjalin kerjasama dengan Taiwan Depository and Clearing Corporation (TDCC).

Hal ini sebagai upaya memperluas kerjasama internasional dalam rangka pertukaran informasi untuk pengembangan pasar modal.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan di Main Hall Galeri Bursa Efek Indonesia, Senin (11/1) kemarin.

Beberapa butir yang tertuang dalam naskah MoU antara lain meliputi pertukaran informasi, kerjasama bilateral sebagai upaya untuk menjadi lembaga CSD yang dapat bersaing secara global serta kerjasama dalam bentuk lain sesuai kesepakatan.

Direktur UTama KSEI, Margeret Tang menyampaikan bahwa kerjasama dengan TDCC merupakan peluang yang bagus mengingat struktur rekening di pasar modal Taiwan serupa dengan Indonesia.

Yakni, rekening telah dibukakan atas nama masing-masing investor. Tidak banyak CSD di kawasan Asia Pasifik yang membukakan rekening atas nama masing-masing investor.

"Terlebih lagi, TDCC sudah mengelola rekening yang mencapai 16 juta rekening. Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan pertukaran informasi dan pengetahuan lebih mudah sehingga KSEI dan TDCC bisa menjadi CSD yang andal, terpercaya dan mampu bersaing di wilayah regional maupun internasional,” kata Margeret dalam sairan persnya, Selasa (12/1/2016).

Sebagai tambahan, KSEI sudah banyak melakukan kegiatan dengan TDCC, antara lain sharing session best practice oleh TDCC kepada KSEI.

Sebelumnya, KSEI juga telah menjalin kerjasama serupa dengan Korea Securities Depository (KSD), Japan Securities Depository Center, Inc. (JASDEC), Thailand Securities Depository Co., Ltd. (TSD), Central Securities Depository of Iran (CSDI) dan The Central Depository (Pte) Limited dari Singapura.

Chairman dan CEO TDCC, Sherman Lin, menyatakan bahwa penandatanganan MoU dengan KSEI merupakan tonggak kemitraan dan komitmen kedua lembaga untuk dapat bekerjasama dalam waktu dekat.

"Kami berharap dapat membina hubungan yang saling menguntungkan, melalui pertukaran informasi maupun program kerjasama untuk pengembangan sistem maupun bisnis perusahaan," katanya.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun menyambut baik inisiatif kerjasama antara KSEI dan TDCC yang baru saja diresmikan.

Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal I OJK, Sardjito, berharap kerjasama kedua lembaga ini dapat meningkatkan pengembangan dan kemajuan pasar modal di kedua negara. (*)

Penulis: ing
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved