Dewan dan Pemkot Tunggu Jadwal Pelantikan Wali Kota Terpilih

Sekda Kota Magelang, Sugiharto mengemukakan, untuk waktu pelantikan wali kota dan wakil wali kota terpilih masih menunggu proses SK Mendagri.

Laporan Reporter Tribun Jogja, Agung Ismiyanto

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Magelang menyatakan telah mengirimkan hasil rapat paripurna internal tentang penetapan paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih Sigit Widyonindito-Windarti Agustina kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur Jateng.

Dalam keputusan DPRD Kota Magelang Nomor 1 Tahun 2016 tersebut dilampiri berkas pendukungnya yaitu keputusan dan berita acara KPU tentang penetapan paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“Sudah dihantar (suratnya) oleh Kabag Persidangan dan Perundang-undangan DPRD, Edi Purwatiyanto dan Kasubag Persidangan Widyastuti ke Semarang. Hal ini sesuai UU No 8 tahun 2015 mengatur, penetapan DPRD itu langsung dikirim ke Mendagri melalui Gubernur,” ujar Sekretaris DPRD Kota Magelang, Hardi Siswantoro, Jumat (8/1/2016).

Dia menyebutkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang, dalam hal ini Wali Kota, hanya menerima tembusan dilampiri berkas persyaratan administrasi lainnya.

Hal ini berbeda dengan aturan sebelumnya di mana harus melalui Wali Kota.

Sekda Kota Magelang, Sugiharto mengemukakan, untuk waktu pelantikan wali kota dan wakil wali kota terpilih masih menunggu proses SK Mendagri.

“Sesuai dalam ketentuan pasal 164 ayat 1, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota dilantik oleh Gubernur di ibu kota Provinsi yang bersangkutan. Namun kami masih menunggu,” katanya. (tribunjogja.com)

Penulis: ais
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved