Breaking News:

Ini Beberapa Titik Rawan untuk Perjalanan Kereta Api di Wilayah Daop 5 Purwokerto

Kewaspadaan ini muncul seiring dengan mulai tingginya intensitas hujan yang mengguyur.

net
Kereta Api 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rento Ari Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM, PURWOKERTO - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 5 Purwokerto mewaspadai 21 titik rawan jalur rel di wilayahnya.

Kewaspadaan ini muncul seiring dengan mulai tingginya intensitas hujan yang mengguyur.

Corporate Communication Manager PT KAI Daop 5 Purwokerto, Surono mengatakan, titik rawan tersebut terdiri dari rawan terjadi longsoran sebanyak 15 titik, rawan terjadi amblesan sebanyak 9 titik dan rawan banjir 4 titik.

"Lokasi rawan longsor sebagian besar berada di lintas tengah antara Prupuk- Kroya yakni sebanyak 10 titik. Berikutnya ada tiga titik di antara Prupuk-Linggapura, Kabupaten Brebes, empat titik antara Patuguran-Karanggandul dan tiga titik antara Notog-Kebasen, Kabupaten Banyumas," kata Surono dalam keterangannya, Senin (30/112015)

Sedangkan 5 titik rawan longsor lainnya, lanjut Surono, berada di lintas selatan, yakni di antara Soka-Kebumen, Tambak-Ijo, Sidareja-Gandrungmangun, Meluwung-Cipari dan Rancakole-Langen.

Sementara sembilan titik lokasi jalur KA yang rawan ambles seluruhnya berada di lintas selatan. Masing- masing tersebar di Kabupaten Kebumen, antara Kutowinangun- Gombong sebanyak empat lokasi dan lima lokasi yang lain berada di Kabupaten Cilacap antara Kroya- Langen.

"Jumlah titik rawan ambles tersebut sudah berkurang, sebelumnya 14 titik lain di lintas selatan sudah dilakukan penanganan. Sedangkan empat titik lagi masih terus sedang dikerjakan penanganannya," imbuh Surono.

Penanggulangan lokasi rawan ambles, jelas Surono, dilakukan menggunakan metode urugan pasir, pemasangan trucuk rel dan bronjong serta pemasangan portal Seno.

Sedangkan metode portal Seno dilakukan dengan memasang portal penyangga jalur KA menggunakan rel sepanjang lokasi rawan ambles. Metode temuan Ir Slamet Suseno (Direktur Prasarana PT KAI) ini terbukti efektif menangani amblesan di jalur KA.

Halaman
12
Penulis: Rento Ari Nugroho
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved