Breaking News:

Mengintip Dapur Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum sendiri telah ada sejak sekitar 60 tahun yang lalu

Penulis: Hamim Thohari | Editor: Ikrob Didik Irawan
Tribun Jogja/Hamim Thohari
Suasana dapur Gudeg Yu Djum 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Hamim Thohari

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Jangan ngaku pernah ke Yogya kalo belum mencicipi Gudeg Yu Djum. Lezatnya gudeg kering racikan Yu Djum memang telah menjadi ikon Kota Yogyakarta.

Makanya tidak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke Yogya, kerap meluangkan waktu untuk menikmati Gudeg Yu Djum.

Terletak di Jalan Wijilan No 167 Selatan Plengkung Wijilan Yogyakarta, pengunjung bisa menikmati kelezatan gudeg di tempat makan yang nyaman dan bersih.

Beberapa waktu yang lalu, Tribun Jogja berkesempatan mengintip dapur dimana gudeg yang legendaris tersebut diracik.

Meski lokasi rumah makannya berada di daerah Wijilan, tetapi dapurnya berada di kawasan Jalan Kaliurang Km 4,5, CT 3, Nomor 12 A, Depok, Sleman.

Lokasi tersebut jadi satu dengan kediaman Eni Hartono selaku pemilik rumah makan Gudeg Yu Djum. Di tengah zaman yang telah modern dan serba praktis, Anda akan tetap menemukan dapur tradisional di dapur Yu Djum.


Tribun Jogja/Hamim Thohari

Semua masakan di Gudeg Yu Djum masih dimasak dengan cara tradisional. Maka tak heran anda akan mendapati beberapa tungku tanah dan tumpukan kayu bakar yang manjadi bahan bakarnya.

Dikatakan Eni Hartono, setiap hari dia dengan dibantu beberapa karyawannya memasak gudeg dan beragam lauknya di dapur tersebut. Proses memasak ini dibagi dalam beberapa waktu.

"Untuk memasak gudegnya sendiri dan ayam dilakukan mulai jam 12 siang," ujarnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved