Breaking News:

Citizen Journalism

CSR di Kalangan Akademik

Pada pandangan lain, yang dikemukan oleh Peter Drucker, CSR merupakan sebuah dimensi dari misi perusahaan selain profit.

Editor: Muhammad Fatoni

Marselina Evi
Mahasiswi S2-Magister Manajemen Universitas Sanata Dharma

TANGGUNG JAWAB sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility, yang lebih dikenal dengan CSR, merupakan hal yang diurus oleh perusahaan, dan sudah menjadi trending topik tidak hanya di kantor-kantor, bahkan di café-café.

Apalagi sekarang adalah era di mana konsumen dianggap semakin cerdas. Orang-orang menyoroti tentang apa dan bagaimana perusahaan-perusahaan memperlakukan lingkungan dan sosialnya.

CSR merupakan sebuah wacana yang mengandung pro dan kontra, dan sudah diperdebatkan sejak tahun 1950-an. Salah satu pandangan mengenai CSR, menurut Milton Friedman, CSR merupakan usaha perusahaan untuk memaksimalkan laba.

Pada pandangan lain, yang dikemukan oleh Peter Drucker, CSR merupakan sebuah dimensi dari misi perusahaan selain profit.

Hampir senada dengan Peter Drucker, Archie B. Carroll mengatakan bahwa CSR lebih dari sekadar tanggung jawab ekonomi. Inisiatif ini juga berkaitan dengan aspek legal, etik dan kemanusiaan (humanitarian) perusahaan.

Di ranah akademika, CSR tampil dalam berbagai bentuk, antara lain dalam kurikulum. Hal inilah yang dilakukan oleh Universitas Sanata Dharma melalui Program Studi Magister Manajemen.

Salah satu konsentrasi yang ditawarkan adalah Konsentrasi Social Responsibility Management (SRM).

Sebagai mahasiswi pada konsentrasi ini, kami belajar mengenai teori dan praktik CSR, Social Entrepreneurship Venture, dan penelitian-penelitian yang berkaitan dengan tanggung jawab sosial perusahaan maupun organisasi not-for-profit atau lebih dikenal dengan organisasi yang bersifat kewirausahaan sosial.

Kurikulum ini didukung oleh program-program seperti seminar sesuai dengan spesifikasi tema, dan telah melakukan beberapa kali seminar dengan mengundang para praktisi dari berbagai perusahaan terkemuka.

Antara lain, pada 6 Desember 2014, mengadakan seminar bertema 'CSR: Sebuah Pencitraan?'. Pemateri pada kesempatan itu adalah Bapak Kokok Budianto, CSR Senior Manager PT Swakarsa SS, sebuah perusahaan perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Timur.

Pada tanggal 12 November 2015, mengadakan seminar bertema 'CSR: a Sustainable Development Enabler, Case: CSR management & Program Implementation at PT Prima Multi Mineral,' dengan pembicara Bapak Heru Handoyo, CSR Head-PT Pama Persada-ASTRA Group Jakarta. (*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved