Seluruh Kapolsek Diperiksa Kelengkapannya

Sebanyak 80 Kapolsek dari wilayah DIY diperiksa kelengkapan dirinya seusai apel pagi di halaman Mapolda DIY.

Seluruh Kapolsek Diperiksa Kelengkapannya
tribunjogja/agungismiyanto
Sedikitnya 181 personel Kepolisian Resor (Polres) Magelang Kota mengikuti latihan menembak di lapangan Armed 3 Kota Magelang, Selasa (20/10). (ilustrasi) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Santo Ari

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Sebanyak 80 Kapolsek dari wilayah DIY diperiksa kelengkapan dirinya seusai apel pagi di halaman Mapolda DIY, Rabu (4/11/2015).

Pemeriksaan yang sifatnya tak terduga ini dimaksudkan untuk meningkatkan kedisiplinan anggota di setiap wilayah.

Kabid profesi dan pengamanan (Propam) Polda DIY AKBP Eka Wahyudianta mengatakan pemeriksaan untuk anggota yang di wilayah ini diberlakukan satu bulan sekali, sedangkan untuk jajaran Polda DIY digelar dua minggu sekali.

Dalam pengecekan kali ini tiap kapolsek harus menunjukan Kartu anggota, kartu kepemilikan senjata api, dan identitas lainnya.

"Banyak kartu anggota yang habis masa berlakunya. Kartu senpi juga ada," ujarnya.

Eka Wahyudianta juga mengatakan bahwa pihaknya akan memerintahkan setiap Kapolsek meneruskan alur inspeksi ini ke setiap anggota di wilayah masing-masing.

Dalam pemeriksaan kali ini, Eka mengedepankan teguran dan imbauan agar anggota yang melanggar agar dapat mengurus perpanjangan. Adapun kartu anggota (KTA) kepolisian akan habis dalam jangka waktu tiga tahunan.

"Untuk senpi, akan ada ujian lagi. Diuji lagi lulus atau tidak memiliki senpi," tukasnya.

Eka mengatakan bahwa hal itu diperlukan sebagai upaya agar senjata api yang dipegang anggota polisi tidak digunakan dengan sembarangan dan tidak bertanggung jawab.

"Kalau tidak lulus dalam ujian senjata api, bisa berbahaya. Jangan sampai terjadi penembakan yang dilakukan oknum polisi seperti yang terjadi di luar wilayah DIY sebelum ini," tandasnya. (tribunjogja.com)

Penulis: nto
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved