Dintib dan Dishub Kewalahan Atasi Reklame Liar

Pemandangan Kota Yogyakarta semakin sesak dengan reklame dan iklan yang bertebaran di penjuru tempat

Dintib dan Dishub Kewalahan Atasi Reklame Liar
Tribun Jogja/ M Fauziarakhman

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika F Kurniawan

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemandangan Kota Yogyakarta semakin sesak dengan reklame dan iklan yang bertebaran di penjuru tempat.

Keadaan ini diperparah dengan menjamurnya reklame liar di fasilitas umum, pohon perindang, sampai rambu lalu lintas dan lampu APILL, yang dipasang oknum tak bertanggung jawab.

Berdasarkan pantauan Tribun Jogja, keberadaan reklame-reklame liar ini sangat jamak ditemukan di setiap sisi jalan, perempatan besar, dan fasilitas umum di Kota Yogyakarta.

Bahkan sampah visual itu biasa dijumpai di Jalan-jalan protokol yakni Jalan Jendral Sudirman, C Simanjuntak, Kusumanegara, dan lainnya.

Menanggapi masalah tersebut, Kepala Bidang Lalulintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta, Golkari Made Yulianto, menuturkan, keberadaan iklan reklame liar yang dipasang di tiang-tiang Rambu Petunjuk Pendahulu Jurusan (RPPJ) maupun lampu apil jelas melanggar izin pemasangan reklame.

Ia menambahkan, selain melanggar regulasi pemasangan reklame, pemasangan reklame liar di rambu lalu lintas dan lampu APIL menganggu informasi lalu lintas yang digunakan oleh pengguna jalan.

Potensi salah informasi bisa terjadi, risiko kecelakaan pun semakin besar.

"Selama ini kami (Dishub Kota) tak pernah mengeluarkan izin penempelan reklame di tiang-tiang RPPJ, lampu APIL, sehingga boleh dikatakan reklame-reklame ini adalah ilegal," ujar Golkari, Rabu (4/11).

Dishub Kota Yogyakarta selama ini telah rutin melakukan pembersihan keberadaan iklan reklame nakal tersebut di setiap RPPJ dan lampu apil di wilayah Kota Yogyakarta melalui Dalops dan seksi APIL.

Apa yang membuat petugas kesulitan mengatasi para penempel reklame ileal? Simak selengkapnya di edisi cetak Tribun Jogja, Rabu (5/11/2015). (tribunjogja.com)

Jangan lupa klik Like www.facebook.com/tribunjogjafanspage dan Follow www.twitter.com/tribunjogja.

Penulis: rfk
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved