Breaking News:

Bank Syariah Bukopin Buka Mini Bank di UAD

Bank Syariah Bukopin (BSB) menggagas program Mini Bank Syariah di Laboratorium Fakultas Ekonomi.

Ist
Bank Syariah Bukopin melakukan kerjasama dengan UAD untuk penyediaan program Mini Bank SYariah, layanan pembayaran keuangan mahasiswa secara online, serta layanan perbankan elektronis Cash Management. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Singgih Wahyu Nugraha

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Bank Syariah Bukopin (BSB) menggagas program Mini Bank Syariah di Laboratorium Fakultas Ekonomi, Program Studi Akuntansi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara BSB dan UAD dilakukan pada Rabu (21/10/2015).

Direktur Utama BSB, Riyanto mengatakan, penyediaan laboratorium dengan software mini bank syariah ini menungkinkan mahasiswa untuk berlatih sekaligus mengembangkan kemampuannya di bidang tersebut.

Sistem ini menyerupai kegiatan operasional perbankan syariah karena dilengkapi frontliner, pembukuan, kas dan pelaporan transaksi keuangan lainnya.

Bahkan, memungkinkan UAD memiliki bank syariah asalkan perizinan terkait disetujui Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Hadirnya laboratorium tersebut juga membantu kampus menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dengan kompetensi sebagaimana dibutuhkan industri perbankan syariah.

Menurut Riyanto, kebutuhan SDM di industri syariah sangat ketat apalagi saat ini marak berdiri perbankan, koperasi sampai asuransi syariah.

Kerapkali terjadi ‘pembajakan’ SDM dari industri keuangan karena belum banyaknya SDM tersedia. Sementara, untuk mendidik SDM dari disiplin ilmu non syariah sebetulnya justru lebih memakan waktu dan biaya.

“BSB sendiri membutuhkan sekitar 200 sumber daya setiap tahun namun belum bisa terpenuhi lantaran masih minimnya lulusan andal di bidang syariah,” jelasnya.

Kondisi ini menurutnya akan memberi peluang bagi civitas akademika UAD untuk turut menciptakan SDM berkualitas dan siap pakai.

Selain kerjasama penyelenggaraan program Mini Bank Syariah, BSB juga menandatangani kerjasama pelayanan pembayaran keuangan mahasiswa UAD yang meliputi Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP) secara online.

Selain itu, kerjasama juga mencakup jasa layanan perbankan elektronis Cash Management Bank Syariah Bukopin yang memudahkan nasabah dalam melakukan akses inquiry saldo dan transaksi secara Real Time Online. (tribunjogja.com)

Penulis: Singgih Wahyu Nugraha
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved