200 Gudeg Akan Dibagikan Gratis Pada Festival Taman Sari 2015 Besok Sore

Direncanakan pula, 200 porsi gudeg gratis akan dibagikan kepada pengunjung kegiatan ini.

200 Gudeg Akan Dibagikan Gratis Pada Festival Taman Sari 2015 Besok Sore

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Gelaran kesenian dan kebudayaan Festival Taman Sari akan digelar oleh Dinas Pariwisata DIY bersama Paguyuban Gudeg Yogya DIY. Festival budaya yang mengambil tema 'Sumringah Lan Gumregah Bebarengan'  ini akan diselenggarakan pada Sabtu (17/10/2015) besok di Komplek Taman Sari, Yogyakarta.

Paguyuban Gudeg DIY bakal memeriahkan Festival Taman Sari 2015 ini dengan beragam menu gudeg istimewa. Direncanakan pula, 200 porsi gudeg gratis akan dibagikan kepada pengunjung  kegiatan ini.

Sebanyak 25 stand Gudeg dari daerah sentra Wijilan juga akan menyiapkan stand dan menyajikan 100 porsi gudeg yang dijual murah, yakni hanya Rp 3000 per porsi termasuk segelas minum untuk Gudeg Telor.

Paguyuban juga telah menyiapkan 10 kilogram dengan tiga ayam ekor, 200 butir telor dan lima kilogram krecek yang akan dimasak dan dibagikan secara gratis saat demo memasak gudeg.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Aris Riyanta, menuturkan gelaran seni budaya Festival Taman Sari 2015 ini merupakan pertama kali diadakan, dengan mengangkat tema 'Sumringah Lan Gumregah Bebarengan' melalui program akualisasi seni budaya untuk mendukung kepariwisataan, dan didukung oleh anggaran Danais.

"Festival Taman Sari 2015 ini baru pertama kali diadakan, melalui program aktualisasi seni budaya untuk mendukung kepariwisataan di DIY," ujar Aris Riyanta, Jumat (16/10/2015).

Aris menambahkan, Festival Taman Sari 2015 juga mengangkat Gudeg sebagai kuliner khas Yogya, sehingga diharapkan kuliner ini dapat lebih mempromosikan Yogya bukan hanya kota tujuan wisata, namun juga tujuan kuliner.

Selain itu, akan ada penampilan beragam kesenian dan ataraksi budaya yang akan disuguhkan kepada pengunjung Festival Taman Sari 2015.

Di ataranya Gelar Seni budaya Tari Golek Ketaton, Tari Zapin Melayu, Tari Banjar Kaltim, Tari Ligo Pulo Aceh, Magistra Musik, Prawiro Akustik, ISI Orkestra, Angklung Symphony, Danger Estrella, dan Pagelaran Wayang Kulit.

"Mulai pukul 15.00, masak bareng dan bazaar kuliner Gudeg Jogja Istimewa, sedangkan untuk keseniannya pada pukul 19.00. Acara ini terbuka untuk umum, masyarakat boleh datang dan menyaksikan," ujar Ketua Paguyuban Gudeg DIY, Mursa Sudarsono.

Kegiatan Festival Taman Sari 2015 akan dibuka secara resmi oleh penghageng Kraton Yogyakarta, GKR Mangkubumi, Wali Kota Yogya, dan Kadin Pariwisata DIY, jajaran Eksekutif dan Legislatif DIY dan Stakeholder Pariwisata DIY.(*)

Penulis: rfk
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved