Dewan Kebanjiran Titipan Proposal

Dalam beberapa hari terakhir, sering dijumpai banyak warga yang datang dan pergi ke Gedung DPRD DIY.

Dewan Kebanjiran Titipan Proposal
www.dprd-diy.go.id
Gedung DPRD DIY 

Laporan Reporter Tribun Jogja, M. Nur Huda

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Dalam beberapa hari terakhir, sering dijumpai banyak warga yang datang dan pergi ke Gedung DPRD DIY.

Mereka membawa proposal pengajuan bantuan yang ditujukan ke Pemda DIY, kemudian diserahkan ke anggota dewan maupun Ketua Fraksi di DPRD.

Dari pantauan Tribun di sejumlah ruang Fraksi dan Komisi DPRD, proposal-proposal tersebut terlihat menumpuk.

Ada yang berupa proposal permohonan bantuan dana untuk kegiatan pembangunan tempat ibadah, lembaga pendidikan, kelompok peternak, kelompok tani, infrastruktur dan lain-lain.

Proposal itu ditujukan ke sejumlah SKPD, misalnya Dinas Kebudayaan, Dinas PUP ESDM, Dinas Peternakan Pertanian dan Kelautan, Biro Kesra, Disnakertrans, dan SKPD lainnya di Pemda DIY.

Wakil ketua DPRD DIY, Arief Noor Hartanto, mengaku tidak mengetahui jika banyak warga yang menitipkan proposal melalui DPRD.

Menurutnya, sesuai mekanisme yang ada harusnya proposal bantuan program pemerintah diserahkan langsung ke Pemda DIY.

Sebab, Pemda memiliki berbagai program yang bisa diakses secara langsung oleh masyarakat. Maka sesuai mekanisme yang ada, harusnya proposal diberikan langsung ke pemerintah bukan melalui dewan.

Namun proposal tersebut harus sesuai ketentuan dalam Undang Undang nomor 23 tahun 2014, bahwa kelompok yang memanfaatkan program dan kegiatan dengan pengajuan proposal, maka harus berbadan hukum atau teregister melalui keputusan kepala daerah setempat.

Halaman
123
Penulis: had
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved