Breaking News:

Kesamaptaan Jasmani akhiri Pendidikan Wara

Sebanyak 43 calon Prajurit Wanita Angkatan Udara (wara) yang beberapa minggu lagi resmi di lantik, mengikuti tes kesamaptaan jasmani.

Penulis: Santo Ari | Editor: oda
tribunjogja/santo
Sebanyak 43 calon Prajurit Wanita Angkatan Udara (wara) yang beberapa minggu lagi resmi di lantik, mengikuti tes kesamaptaan jasmani di Lapangan Wonocatur Lanud Adisutjipto Yogyakarta akhir pekan lalu. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Santo Ari

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Sebanyak 43 calon Prajurit Wanita Angkatan Udara (wara) yang beberapa minggu lagi resmi di lantik, mengikuti tes kesamaptaan jasmani di Lapangan Wonocatur Lanud Adisutjipto Yogyakarta akhir pekan lalu.

Kesemaptaan jasmani atau tes fisik tersebut berguna untuk mengetahui potensi tiap personel dan meningkatkan kekuatan fisik mereka.

Komandan Skadik 105 selaku Kepala Sekolah Wara Letkol Sus Palupi Rahayu mengungkapkan seluruh siswa wara ini merupakan angkatan ke 40 dimana sebelumnya telah menempun pendidikan sejak 15 mei 2015 lalu.

"Tes Kesamptaan jasmani ini merupakan persyaratan wajib bagi siswa Wara selama mengikuti pendidikan dasar militer," ujarnya, Senin (14/9).

Calon prajurit wanita ini telah mengikuti pendidikan selama kurang lebih 5 bulan dan juga telah melaksanakan latihan Prayuda di Pacitan Jawa Timur.

Setelah selesai proses pelatihan ini, mereka akan dilantik oleh Komandan Kodikau Marsekal Muda TNI Eko Supriyanto tanggal 9 Oktober 2015 nanti di Lanud Soemarmo bersama dengan prajurit bintara pria.

Kasi Pembinaan Jasmani dan Kemiliteran (Binjaskemil) Lanud Adisutjipto, Letkol Kes Lalu Hadi menambahkan tes kesamaptaan jasmani tersebut terdiri dari tes lari 12 menit, Sit-Up, Push-Up dan Suttle Run.

"Tes ini bertujuan sebagai tolak ukur kemampuan bagi seorang calon prajurit wanita angkatan udara," ujarnya.

Sebelum dilantik atau diwisuda menjadi prajurit, para siswa Wara ini juga akan mendapat pengarahan berupa pembekalan dari Komandan Pangkalan TNI AU Adisutjipto, dan para pejabat lainnya.

Para calon prajurit wanita ini juga akan mendapat pengarahan dan pembekalan dari Ketua Umum PIA Ardhya Garini dan PIA Lanud Adisutjipto beserta Tim.

Dalam pembekalannya, Ketua Umum Persatuan Istri Anggota (PIA) Ardhya Garini beserta tim selain memberikan materi tentang tata susila yang berhubungan dengan kewanitaan juga akan menyampaikan materi diantaranya yaitu pendidikan usia dini, wanita karier, etika protokol, table manner, etika berbusana, etika pergaulan, dan lainnya. (tribunjogja.com)

Tags
TNI AU
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved