Nanang, Rumah Garuda, Dan Dedikasinya Terhadap Lambang Negara

Nanang Rakhmat Hidayat untuk membuat suatu museum pribadi yang berisi segala sesuatu tentang burung perlambang negara, Garuda.

Nanang, Rumah Garuda, Dan Dedikasinya Terhadap Lambang Negara
Ist
Nanang Garuda dan sejumlah kolekssi lambang negara miliknya. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Pancasila dan semboyan Bhineka Tunggal Ika pasti tak asing terdengar di telinga sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun kini, burung Garuda sebagai lambang negara yang mulai terlupakan.

Hal itulah yang melatarbelakangi Nanang Rakhmat Hidayat atau akrab dipanggil Nanang Garuda untuk membuat suatu museum pribadi yang berisi segala sesuatu tentang burung perlambang negara tersebut.

Sejak awal tahun 2003, Nanang memang telah tertarik untuk mengkoleksi pernak-pernik burung Garuda.

Ketika koleksi berupa foto, pernak-pernik semakin banyak, Ia menggagas pembuatan Rumah Garuda, sebagai suatu museum pribadi sekaligus ruang publik, pada tahun 2011.

Bukan tanpa alasan, Nanang membangun Rumah Garuda sebagai bentuk kepeduliannya dan upaya melestarikan lambang Garuda Pancasila yang kurang mendapat perhatian dari pemerintah.

"Pada 2011, saya menggagas Rumah Garuda sebagai wujud kepedulian dan upaya pelestarian lambang Garuda Pancasila yang selama ini tidak pernah mendapatkan perhatian dari masyarakat atau pemerintah," ujar Nanang, ketika ditemui di acara SCSI 2015, di Komplek Candi Ratu Boko, Senin (18/8/2015).

Pada, 17 Agustus 2011, bertempat di Jalan Bantul km 7.5, Dukuh Pucung, Krantil RT 55, Bantul. Ia membangun Rumah Garuda menempati rumah pribadinya sendiri, sedangkan ia mengontrak di rumah yang lain.

Sampai saat ini, Nanang mengkoleksi lebih dari 300 foto garuda, baik dalam bentuk cetak, tiga dimensi, relief ataupun alumunium.

Selain foto, Nanang juga mengkoleksi cosplay, wayang suluh, media permainan, puzzle, kamus lipat, dan ular tangga. Disini juga dijumpai sejumlah koleksi burung garuda dari berbagai wilayah di Indonesia.

Halaman
123
Penulis: Rendika Ferri K
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved